16 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal di Yunani

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sedikitnya 16 orang tewas ketika perahu mereka terbalik di pulau Paros, Yunani di Laut Aegea tengah pada hari Jumat (24/12), dalam bencana maritim ketiga yang melibatkan para imigran pada minggu ini, kata penjaga pantai negara tersebut.

Pihak berwenang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan semalam di barat laut Paros. Aset udara dan laut dikerahkan ke daerah itu, kata penjaga pantai.

Yunani adalah salah satu rute utama ke Uni Eropa bagi para imigran dan pengungsi dari Afrika, Timur Tengah dan sekitarnya, meskipun arusnya telah berkurang sejak 2015-2016, ketika lebih dari satu juta orang melintasi negara tersebut untuk ke negara-negara Uni Eropa lainnya.

Kantor Berita Athena mengatakan mayat yang meliputi 12 pria, tiga wanita dan seorang bayi ditemukan dari daerah tersebut.

Delapan puluh orang diyakini berada di kapal, yang menurut penjaga pantai sedang menuju Italia dari Turki.

Keadaan mengenai penyebab kapal terbalik masih belum jelas.

Giannis Plakiotakis, menteri perkapalan Yunani, mengatakan geng-geng penyelundup bertanggung jawab atas bencana tersebut.

Geng-geng yang dimaksud "tidak peduli dengan kehidupan manusia, menumpuk puluhan orang, tanpa jaket pelampung, di kapal yang tidak sesuai dengan standar keselamatan paling dasar," katanya dalam sebuah pernyataan tertulis.

Sebelum hari Jumat, pihak berwenang Yunani mengatakan mereka telah menemukan 11 mayat dari lokasi kapal karam lainnya, ketika sebuah perahu layar yang membawa imigran tenggelam di sebuah pulau tak berpenghuni di selatan Yunani pada Kamis (23/12).

90 orang lainnya berhasil diselamatkan dalam operasi itu. Penjaga pantai mengatakan informasi awal menunjukkan para imigran itu juga menuju Italia.

Semalaman antara Selasa (21/12) dan Rabu (22/12), sebuah kapal yang diperkirakan membawa hingga 50 imigran tenggelam di lepas pulau Folegandros, dengan puluhan dikhawatirkan hilang.