7 Orang Tewas dalam Kecelakaan Mobil di Hungaria

By Nad

nusakini.com - Internasional - Tujuh orang tewas dan empat luka-luka ketika sebuah mobil dengan plat nomor Serbia yang membawa kelompok imigran menabrak sebuah rumah di Hungaria pada Senin (13/12) malam, setelah pengemudinya menolak berhenti untuk diperiksa, kata polisi.

Pengemudi melihat bahwa polisi sedang memeriksa mobil di desa Morahalom dekat perbatasan Serbia dan berusaha menghindarinya dengan melaju kencang, kata polisi kepada kantor berita MTI pada hari Selasa (14/12).

Mobil yang membawa 10 imigran dan menuju ke kota Szeged, kemudian menabrak sebuah rumah dan terguling.

Polisi mengatakan bahwa pengemudi, yang juga terluka, ditahan dan proses terhadapnya akan diluncurkan untuk perdagangan orang dan menyebabkan kecelakaan massal yang fatal.

Kecelakaan itu terjadi di dekat perbatasan Hungaria, yang merupakan anggota Uni Eropa, dengan Serbia, yang bukan bagian dari blok tersebut. Pemerintahan Perdana Menteri Viktor Orban membangun pagar pada tahun 2015 di puncak krisis imigran ketika ratusan ribu orang menyeberang ke sana menuju Eropa Barat.

Sikap anti-imigrasi garis keras Orban membantu partai konservatif Fidesz memenangkan pemilihan kembali pada 2018. Pekan lalu 2.419 migran dihentikan di perbatasan Hungaria, menurut data yang diterbitkan oleh polisi.