nusakini.com - Internasional - Ribuan pengendara yang terdampar di jalan raya di sekitar ibu kota Yunani, Athena, telah diselamatkan semalam setelah badai salju parah melanda wilayah Mediterania.

Lebih dari 3.500 orang diselamatkan pada hari Senin (24/1), tetapi sekitar 300 pengemudi tetap berada di jalan raya Attiki Odos semalam.

Beberapa bagian Athena juga dilanda pemadaman listrik besar-besaran, dengan operator jaringan bekerja untuk memulihkan listrik.

Pihak berwenang mengatakan badai, bernama Elpida, akan bertahan hingga Rabu (26/1).

Suhu semalam anjlok hingga -14C. Juru bicara pemerintah Giannis Oikonomou mengatakan kepada wartawan bahwa negara itu tetap "dalam fase yang sangat sulit, karena perkiraan menunjukkan bahwa kita akan menghadapi kesulitan lagi dalam beberapa saat".

Dia juga membela evakuasi lambat pengendara yang terjebak di jalan raya dalam menghadapi kritik dari beberapa orang Yunani di media sosial, mengatakan bahwa "upaya evakuasi manusia super sedang berlangsung".

Menteri Lingkungan Christos Stylianides berusaha menyalahkan perusahaan pengelola jalan raya atas kekacauan itu, dengan mengatakan bahwa mereka "gagal menjaga kondisi lalu lintas normal meskipun sebelumnya telah berjanji bahwa mereka akan mengambil tindakan yang memadai untuk melakukannya".

Sementara itu, para pejabat di Athena menyatakan Selasa (25/1) sebagai hari libur umum, dengan kantor-kantor publik tutup dan semua bisnis swasta di kota itu, kecuali supermarket, apotek dan pom bensin, diperintahkan untuk tutup.

Mobil pribadi juga telah didesak untuk menjauh dari jalanan dan Acropolis yang ikonik di kota itu tertutup salju.

Lima belas orang juga terluka di Yunani tengah setelah sebuah kendaraan transportasi kereta api mencoba menyelamatkan sebuah kereta penumpang yang membawa sekitar 200 penumpang yang dihentikan oleh salju tebal. (bbc/dd)