Pria Ini Bertahan selama 16 Jam setelah Kapalnya Terbalik di Samudra Atlantik

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria Prancis berusia 62 tahun bertahan selama 16 jam dalam gelembung udara di dalam perahu layarnya yang terbalik di Samudra Atlantik sebelum diselamatkan oleh penyelam penjaga pantai Spanyol dalam apa yang mereka gambarkan sebagai operasi "yang hampir mustahil".

Jeanne SOLO Sailor setinggi 40 kaki (12 meter) mengirimkan sinyal marabahaya pada pukul 20:23 waktu setempat pada hari Senin (1/8) dari 14 mil dari Kepulauan Sirgas di lepas pantai barat laut wilayah Galicia, kata penjaga pantai. Data pelacakan menunjukkan kapal itu telah berlayar dari ibu kota Portugal, Lisbon, pada pagi hari sebelumnya.

Saat kapal penyelamat yang membawa lima penyelam berlayar, satu dari tiga helikopter yang dikirim untuk membantu pencarian menemukan kapal yang terbalik saat matahari terbenam.

Seorang penyelam diderek ke lambung kapal untuk mencari tanda-tanda kehidupan dan pria di dalamnya, yang tidak disebutkan namanya, menanggapi hantamannya di lambung dengan mengetuk dari dalam.

Dengan laut yang terlalu kasar untuk mencoba penyelamatan, mereka menempelkan balon daya apung ke lambung kapal untuk mencegahnya tenggelam lebih jauh dan menunggu sampai pagi.

Dua penyelam berenang di bawah perahu untuk membantu pelaut keluar, yang mereka temukan mengenakan pakaian bertahan hidup neoprene dan tenggelam dalam air hingga lututnya.

Vicente Cobelo, anggota tim operasi khusus penjaga pantai, mengatakan kepada stasiun lokal bahwa pria itu secara sukarela melompat ke air yang membeku dan berenang di bawah perahu untuk mencapai permukaan laut.

"Atas inisiatifnya sendiri, dia masuk ke air dan terjun bebas, dibantu oleh para penyelam yang harus menariknya karena sulit baginya untuk keluar dengan setelan jasnya," katanya.

Dia diterbangkan ke tempat yang aman dan dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa tetapi segera dibebaskan tanpa masalah. (cnn/dd)