49 Imigran Tewas setelah Truk yang Mereka Tumpangi Terbalik di Meksiko

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paling tidak 49 orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah sebuah truk yang membawa kelompok imigran mengalami kecelakaan di Meksiko, menurut pihak otoritas.

Lebih dari 100 imigran yang berasal dari Amerika Tengah ditumpuk ke dalam trailer ketika truk itu kemudian terbalik dan menabrak jembatan di negara bagian Chiapas.

Foto-foto dari lokasi persitiwa menunjukkan korban-korban terlempar ke jalan di samping truk yang sudah terbalik.

Sekitar 58 orang dilarikan ke rumah sakit atas luka yang mereka alami, ucap Luis Manuel Garcia, kepala badan perlindungan sipil di Chiapas.

Ia mengatakan korban meliputi pria, wanita, dan anak-anak. Sebagian besar merupakan imigran dari Honduras.

Truk itu dilaporkan terbalik di tikungan berbahaya dan menabrak jembatan penyeberangan di jalan utama menuju ibu kota negara bagian Chiapas, Tuxtla Gutiérrez. Chiapas, yang bertetangga dengan Guatamala, adalah titik transit utama bagi para imigran yang tidak berdokumen.

Ratusan ribu imigran yang melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di Amerika Tengah mencoba menyeberang melalui Meksiko setiap tahun dalam upaya untuk mencapai Amerika Serikat.

Banyak dari mereka membayar penyelundup, yang secara ilegal mengangkut mereka dengan truk yang penuh sesak dan berbahaya dalam perjalanan panjang.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador menggambarkan kecelakaan itu sebagai "sangat menyakitkan" dan menulis di Twitter bahwa dia "sangat menyesali tragedi itu".