"We Don't Talk About Bruno" Jadi Lagu Pertama Disney yang Raih No. 1 di Billboard Hot 100 dalam 29 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - “We Don't Talk About Bruno”, kejutan yang muncul dari soundtrack film “Encanto”, telah mencapai apa yang bahkan “Let It Go” tidak bisa: lagu ini menjadi lagu pertama dari film Disney yang mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 chart sejak “A Whole New World” dari “Aladdin” melakukannya pada tahun 1993.

Lagu ini kemudian bergabung dengan pencapaian album "Encanto", yaitu duduk puncak tangga lagu, karena soundtrack film animasi itu tetap berada di puncak tangga lagu Billboard 200 untuk ketiga kalinya dalam empat minggu terakhir.

Beberapa statistik lain yang ditunjukkan Billboard: “Bruno,” yang hanya ditulis oleh Lin-Manuel Miranda, menjadi top 100 chart Hot 100 pertama yang ditulis oleh seorang penulis solo dalam lebih dari empat tahun, “Perfect” Ed Sheeran menjadi yang terakhir.

Ini adalah pertama kalinya lagu Miranda menduduki puncak tangga lagu. Dan ini adalah kedua kalinya sebuah lagu Disney mencapai puncak, karena "A Whole New World" adalah satu-satunya yang pernah melakukannya sebelumnya.

Dan lagu ini mancapainya dengan hampir tanpa pemutaran di radio, yang sangat tidak biasa untuk chart di mana putaran memainkan faktor yang cukup besar.

(Jika Anda bertanya-tanya seberapa tinggi "Let It Go", jawabannya adalah: hanya No. 5, meskipun tampaknya lagu itu ada di mana-mana pada tahun 2014.)

Billboard juga melaporkan bahwa tidak ada lagu dengan banyak penyanyi utama yang berhasil mencapai No. 1 sebelumnya. Lagu ini dikreditkan ke penyanyi-aktor Kolombia Carolina Gaitán (yang memerankan Pepa Madrigal dalam film), Mauro Castillo, Adassa, Rhenzy Feliz, Diane Guerrero, Stephanie Beatriz dan pemeran "Encanto". Dengan enam pemain yang disebutkan secara individual, itu mengalahkan rekor lama satu per satu.

Pencapaian "Bruno" membuat segalanya sulit pada "Easy on Me" Adele, yang akhirnya terpaksa melepaskan tempat No. 1 di Hot 100 setelah 10 minggu berjalan di puncak. “Easy on Me” tergelincir hanya satu tempat ke No. 2. Tentu saja, Billboard menunjukkan, lagu Adele masih dengan mudah menduduki puncak tangga lagu Radio Songs, dengan 94,6 tayangan penonton selama seminggu, di atas 14,1 juta streaming.

“Bruno,” sementara itu, menarik 34,9 juta streaming AS — lebih dari dua kali lipat hit lama Adele — tetapi 1,5 juta tayangan pemirsa radio yang diputar ulang… sekitar 1/62 jumlah kekuatan radio Adele. Namun, dengan peningkatan radio sebesar 239% selama seminggu, jelas bahwa setidaknya beberapa stasiun lagi mulai mencoba "Bruno" untuk mendapatkan tempat di daftar putar mereka.

Di chart album Billboard 200, "Encanto" tetap di atas dengan 115.000 unit setara album. Itu naik 11% dari minggu sebelumnya, dan total mingguan terbaik hingga saat ini karena album terus melihat peningkatan persentase minggu demi minggu. (Variety/dd)