'Squid Game' O Yeong-su jadi Aktor Korea Pertama yang Menang Golden Globe

By Nad

nusakini.com - Internasional - Bintang "Squid Game" O Yeong-su telah membuat sejarah setelah menjadi aktor Korea pertama yang memenangkan Golden Globe.

Bintang Korea Selatan berusia 77 tahun, yang berperan sebagai Oh II-nam, juga dikenal sebagai Player 001, dalam serial hit Netflix, mengalahkan orang-orang seperti Billy Crudup ("The Morning Show"), Kieran Culkin ("Succession") , Mark Duplass ("The Morning Show") dan Brett Goldstein ("Ted Lasso") untuk membawa pulang piala Aktor Pendukung Terbaik di Televisi pada hari Minggu (9/1).

Kemenangannya diumumkan pada upacara privat yang disiarkan secara online tanpa presenter selebriti dan tanpa pidato. Penyelenggara sebelumnya mengumumkan bahwa Golden Globes tahun ini akan menjadi urusan yang diperkecil menyusul kontroversi tentang kurangnya keragaman di antara keanggotaan Asosiasi Pers Asing Hollywood dan pertanyaan etis lainnya yang terkait dengan keuntungan finansial.

"O Yeong-su memenangkan Penampilan Terbaik oleh Aktor Pendukung dalam Serial, Serial Terbatas, atau Film Televisi! Sementara O Yeong-su adalah aktor panggung yang disegani di negara asalnya, Korea Selatan, anggukan Globe-nya adalah nominasi pertamanya di sebuah acara penghargaan internasional," Golden Globes menuliskan di situs webnya.

Rekan pemeran "Squid Game" O, Lee Byung-hun, mengucapkan selamat kepadanya di Instagram, dengan mengatakan, "Bravo!"

Kemenangannya menandai pertama kalinya sebuah drama atau aktor TV Korea dinominasikan dan memenangkan Golden Globe.

"Squid Game" -- dibuat oleh Hwang Dong-hyuk -- adalah serial dystopian di mana para kontestan yang sangat membutuhkan uang memainkan permainan anak-anak yang mematikan untuk memenangkan hadiah uang tunai.

Kembali pada bulan Oktober, Netflix mengkonfirmasi bahwa acara itu adalah "seri terbesar yang pernah ada saat diluncurkan" setelah debutnya pada 17 September.

O mengungkapkan dalam sebuah wawancara di TV Korea Selatan pada bulan September bahwa hidupnya telah berubah secara signifikan sejak tampil di acara itu.

"Saya merasa seperti berada di langit. Jadi saya mencoba menenangkan diri sekarang sehingga saya bisa menahan diri," katanya, menambahkan: "Ketika saya pergi ke kafe atau tempat lain, saya menjadi sadar diri. Hidup jadi seorang aktor terkenal juga sulit." (cnn/dd)