'Squid Game' Dapat 4 Nominasi di SAG Awards

By Nad

nusakini.com - Internasional - Fenomena global Korea Selatan "Squid Game" telah mendapatkan empat nominasi, termasuk hadiah utama ansambel terbaik, dari Screen Actors Guild (SAG) Awards Amerika Serikat.

SAG pada hari Rabu (12/1) (waktu AS) meluncurkan daftar nominasi final untuk edisi ke-28 dari upacara penghargaan yang dijadwalkan pada 27 Februari.

"Squid Game," serial Netflix original berbahasa Korea, masuk nominasi untuk penampilan luar biasa oleh pemain ansambel dalam serial drama, oleh aktor pria dalam peran utama, oleh aktor wanita dalam peran pendukung dan oleh ansambel aksi dalam serial televisi.

Ini adalah pertama kalinya serial TV non-bahasa Inggris menerima nominasi SAG Awards yang diberikan oleh aktor Hollywood dan dianggap sebagai indikator kunci untuk Oscar.

Di sisi film, sensasi pemenang Oscar Bong Joon-ho "Parasite" dianugerahi trofi ensemble terbaik pada tahun 2020, yang diberikan kepada seluruh pemain dengan pencapaian akting terbaik dalam film.

Tahun lalu, aktris veteran Korea Selatan Youn Yuh-jung memenangkan aktris pendukung terbaik untuk perannya dalam film imigrasi Amerika "Minari."

Untuk SAG Awards tahun ini, 10 anggota pemeran "Squid Game," termasuk Lee Jung Jae, Jung Ho Yeon, Park Hae Soo dan O Yeong-su, akan bersaing untuk hadiah utama SAG Awards dengan aktor "The Handmaid's Tale," "The Morning Show," "Succession" dan "Yellowstone."

Lee Jung Jae termasuk di antara lima kandidat untuk aktor terbaik Brian Cox, Kieran Culkin dan Jeremy Strong dari "Succession" dan Billy Crudup dari "The Morning Show."

Dalam kategori aktris terbaik, Jung Ho Yeon akan bersaing dengan Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon dari "The Morning Show," Elisabeth Moss dari "The Handmaid's Tale" dan Sarah Snook dari "Succession."

Disutradarai dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk, serial dengan 9 episode ini, yaitu tentang kontestan yang bersaing dalam permainan anak-anak Korea yang mematikan untuk memenangkan hadiah uang 45,6 miliar won (US$38,2 juta), menjadi acara TV paling sukses dalam sejarah Netflix dengan lebih dari 1,65 miliar jam penayangan dalam empat minggu pertama setelah dirilis pada 17 September.

Dimulai dengan judul serial TV panjang terbaik di Gotham Awards pada bulan November, acara berbahasa Korea tersebut telah diakui oleh acara penghargaan bergengsi di Amerika Serikat.

Awal pekan ini, aktor pendukungnya O Yeong-su, yang berperan sebagai partisipan lanjut usia Oh Il-nam, menjadi aktor Korea Selatan pertama yang membawa pulang aktor pendukung TV terbaik di Golden Globes tahun ini. (Yonhap/dd)