Seorang Wanita Tewas akibat Pesawat Kecil yang Mendarat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang wanita yang sedang memotong rumput di lapangan terbang kecil di Quebec tewas setelah ia ditabrak pesawat yang sedang mendarat, menurut pihak berwajib.

Wanita yang berusia 27 tahun dan belum teridentifikasi ini dikabarkan sedang menggunakan traktor pada hari Senin (5/7) di dekat landasan di lapangan terbang Saint-Esprit di Quebec, sekitar 60km dari Montreal.

Juru bicara kepolisian Quebec, Marc Tessier menyatakan wanita ini sedang berada di traktor dan memotong rumput ketika pesawat sedang menurun untuk mendarat di lapangan terbang. Pesawat ini kemudian menabrak wanita tersebut.

Tessier menjelaskan wanita ini dilarikan ke rumah sakit dan tewas saat berada di sana. Ia bekerja di sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pemeliharaan bandara.

Pilot pesawat ini tidak mengalami cedera, namun ia dalam keadaan syok setelah peristiwa terjadi dan dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan lanjutan.

Tessier mengatakan lapangan terbang kecil ini digunakan untuk pesawat pribadi dan sebuah perusahaan terjun bebas juga beroperasi di sana. Pilot itu juga membawa pesawatnya sendiri.

Dewan Keselamatan Transportasi Kanada (TSB) sedang menyelidiki peristiwa ini dan sebuah tim sudah mewawancarai saksi-saksi mata, memeriksa pesawat dan traktor, dan mengumpulkan bukti-bukti lain di lokasi pada hari Senin (5/7).

Pesawat ini adalah pesawat dengan satu mesin berjenis Nanchang CJ-6 yang diciptakan Cina untuk latihan terbang dan biasanya digunakan oleh pilot pribadi di Kanada, menurut juru bicara TSB Chris Krepski.

Krepski menyatakan cuaca saat peristiwa teradi layak untuk pandangan aturan penerbangan dan ada angin kecil serta beberapa awan pada ketinggian 4.000 kaki.

Tessier mengatakan kemungkinan akan memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengetahui apa yang terjadi.

TSB melaporkan 170 kejadian transportasi udara pada tahun 2020 dan 114 di antaranya merupakan pesawat non komersil atau pribadi.