Ribuan Warga Kanada Berdemo atas Mandat Vaksin Covid

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ribuan orang mengadakan protes keras namun damai di ibu kota Kanada, Ottawa, menentang mandat vaksin Covid-19 Perdana Menteri Justin Trudeau, di jalan-jalan dan halaman yang tertutup salju di depan parlemen.

Apa yang disebut "Konvoi Kebebasan" dimulai sebagai unjuk rasa pengemudi truk menentang persyaratan vaksin untuk pengemudi lintas batas, tetapi berubah menjadi demonstrasi menentang tindakan berlebihan pemerintah selama pandemi dengan garis anti-vaksinasi yang kuat.

“Saya tidak dapat bekerja lagi karena saya tidak dapat melintasi perbatasan,” kata Csava Vizi, seorang pengemudi truk dari Windsor yang mencatat bahwa dia adalah satu-satunya pencari nafkah keluarga.

"Saya menolak vaksin," katanya, menyebutnya berbahaya. Dia berbicara dari dalam truknya di depan parlemen.

“Ini bukan hanya tentang vaksin. Ini tentang menghentikan mandat kesehatan masyarakat sama sekali,” kata Daniel Bazinet, pemilik Valley Flatbed & Transportation di Nova Scotia di pantai Atlantik. Bazinet tidak divaksinasi, tetapi beroperasi di dalam negeri sehingga tidak terpengaruh oleh mandat lintas batas.

“Saya dan banyak orang lain ada di sini karena kami muak dengan mandat vaksin dan lockdown,” kata Brendon dari Ottawa, yang menolak memberikan nama belakangnya. Dia membawa papan bertuliskan: "Justin Trudeau membuatku malu menjadi orang Kanada".

Reli dimulai lebih awal dan dibangun hingga sore hari pada hari Sabtu (29/1). Beberapa membagikan tas makan siang kepada para pengemudi truk, yang berkonvoi ke Ottawa dari pantai timur dan barat dan tempat-tempat di antaranya.

Sedikit yang memakai masker, tetapi banyak yang memakai balaclava karena suhu dengan angin dingin adalah -21C (-6F). Sebuah mal di pusat kota ditutup karena para demonstran menolak untuk memakai masker di dalam, CTV melaporkan.

Retorika kekerasan yang digunakan oleh beberapa promotor di media sosial menjelang protes telah membuat khawatir polisi, yang keluar dari kekuatan, tetapi sebagian besar protes terasa seperti pesta jalanan yang sangat dingin, diselingi oleh klakson truk yang membunyikan klakson.

Karena masalah keamanan, Trudeau dan keluarganya meninggalkan rumah mereka di pusat kota Ottawa, CBC melaporkan. Kantornya mengatakan tidak mengomentari masalah keamanan.

Awal pekan ini Trudeau mengatakan konvoi itu mewakili "minoritas kecil" yang tidak mewakili pandangan orang Kanada. Sekitar 90% pengemudi truk lintas batas Kanada dan 77% populasi telah mendapatkan dua suntikan vaksinasi Covid.

Pemimpin Konservatif, Erin O'Toole, menentang mandat vaksin dan menyatakan dukungan untuk protes tersebut setelah mengadakan pembicaraan dengan beberapa pengemudi truk pada hari Jumat.

"Saya mendukung hak mereka untuk didengar, dan saya meminta Justin Trudeau untuk bertemu dengan pekerja keras Kanada ini untuk mendengar keprihatinan mereka," kata O'Toole setelah pertemuan.

Aliansi Truk Kanada, yang mewakili sekitar 4.500 operator, pemilik-operator dan pemasok industri, telah menentang demonstrasi tersebut.

"Kami meminta masyarakat Kanada untuk menyadari bahwa banyak orang yang Anda lihat dan dengar di laporan media tidak memiliki hubungan dengan industri truk," kata CTA pada hari Sabtu.

CTA mendesak para pengemudi truk yang berpartisipasi untuk melakukannya dengan damai dan kemudian meninggalkan Ottawa. Penyelenggara protes mengatakan mereka akan tinggal di Ottawa sampai pemerintah mengabaikan mandat. Jalan-jalan di pusat kota bisa tersumbat selama berhari-hari.

“Jika saya harus tinggal di sini dua bulan, saya akan berada di sini,” kata Vizi. (theguardian/dd)