7 Orang Tewas Akibat Kapal Terbalik di Italia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paling tidak tujuh orang, termasuk seorang ibu hamil, meninggal tenggelam setelah sebuah kapal yang mengangkut imigran dan pengungsi terbalik di laut yang berjarak 800 km dari pulau Lampedusa, Italia.

Sekitar 10 orang hilang setelah peristiwa yang terjadi pada hari Rabu (30/6) pagi ini, menurut Luigi Patronaggio, kepala jaksa sebuah tim yang memimpin penyelidikan mengenai insiden yang menyebabkan kematian ini.

Patronaggio yang bekerja dengan para hakim di kota Agrigento menyatakan bahwa para pengungsi dipercaya memulai perjalanan mereka dari Tunisia.

Wali kota Lampedusa, Toto Martello mengatakan bahwa tragedi di Mediterania ini sangat menyedihkan. Ia menyampaikan bahwa Italia dan Eropa harus memahami bahwa mereka tidak bisa terus menutup mata dari kejadian seperti ini.

Unit penjaga pantai menyelamatkan 46 orang dari kapal yang memiliki panjang 8 meter ini setelah terbalik. Mereka kemudian dibawa kembali ke Lampedusa.

Lokal media melaporkan bahwa lebih dari 250 orang tiba di pulau tersebut dalam semalam menggunakan 4 kapal.

Hampir 20.000 imigran dan pengungsi tiba di Italia sejak awal tahun, dimana mereka diduga melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah.

Lampedusa berjarak lebih dekat dengan Afrika dibandingkan daratan utama Italia dan merupakan salah satu tujuan utama dari kelompok-kelompok perdagangan manusia yang berasal dari Libya.