Menaker Tegaskan Program Pemagangan Tingkatkan Kompetensi

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri menegaskan program pemagangan dipersiapkan guna meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Dengan melakukan magang, peserta dapat menyerap ilmu dan pengalaman langsung di lingkungan kerja guna bersaing merebut pasar kerja. 

“Program pemagangan, mempercepat peningkatan daya saing dan kompetensi tenaga kerja dalam mendukung terciptanya SDM Indonesia berkualitas,” kata Menaker saat menghadiri Press Briefing "2 Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK" di Ruang Bina Graha, Kompleks Istana Negara, Senin, (24/10). 

Menaker menjelaskan, program pemagangan didesain dengan kebutuhan Industri agar peserta magang dapat lebih terampil. Skema pemangangan tersistem. Lanjut dia, peserta dimagangkan pada kurun waktu,pekerjaan dan jabatan tertentu sehingga langsung tersertifikasi kompetensinya 

Dalam hal ini, Kemnaker bekerjasama dengan Kadin menyelenggarakan program pemagangan dengan target 200.000 pekerja per tahun yang melibatkan 2.000 perusahaan. 

“Kompetensi SDM penting. Salah satu kunci untuk peningkatan kompetensi adalah pelibatan dunia usaha dalam investasi SDM,” tuturnya.(p/ab)