Korea Utara Tak Terima Dituduh Amerika Serikat tentang Program Nuklir

By Nad

nusakini.com - Internasional - Korea Utara memperingatkan bahwa pihaknya "tidak akan pernah mentolerir" kritik Amerika Serikat terhadap program nuklir negara yang terisolasi itu, menyebut Washington sebagai "gerbong proliferasi nuklir" dan mengatakan tidak akan membiarkan pelanggaran hak kedaulatannya.

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini dan para ahli internasional percaya bahwa mereka sedang mempersiapkan uji coba nuklir ketujuh, yang pertama sejak 2017.

Misi permanen Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu (3/8) ketika para diplomat berkumpul di New York untuk konferensi PBB selama sebulan untuk meninjau Perjanjian tentang Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dalam pertemuan itu bahwa Korea Utara "terus memperluas program nuklirnya yang melanggar hukum" dan "sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir ketujuh."

"Ini adalah puncak dari kesibukan menyalahkan bahwa Amerika Serikat menuduh 'ancaman nuklir' seseorang mengingat fakta bahwa mereka adalah gembong proliferasi nuklir," kata Korea Utara dalam pernyataan itu.

Korea Utara juga mengatakan telah menarik diri dari perjanjian non-proliferasi sejak lama, jadi tidak ada yang berhak melanggar hak negara untuk membela diri.

"Kami tidak akan pernah mentolerir upaya apa pun oleh AS dan pasukan budaknya untuk menuduh negara kami tanpa alasan dan melanggar hak kedaulatan dan kepentingan nasional kami," kata Korea Utara dalam pernyataannya.

Pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya siap untuk memobilisasi pencegah perang nuklirnya dan melawan setiap bentrokan militer AS. (Reuters/dd)