Putin: Tidak Ada yang Bisa Menang dalam Perang Nuklir

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Senin (1/8) bahwa tidak akan ada pemenang dalam perang nuklir dan perang seperti itu tidak boleh dimulai.

Pemimpin Kremlin tersebut membuat komentar terkait dalam sebuah surat kepada peserta konferensi tentang perjanjian non-proliferasi nuklir (NPT), lebih dari lima bulan dalam perangnya di Ukraina.

"Kami melanjutkan dari fakta bahwa tidak ada pemenang dalam perang nuklir dan itu tidak boleh dilepaskan, dan kami berdiri untuk keamanan yang sama dan tak terpisahkan untuk semua anggota komunitas dunia," katanya.

Kata-katanya di forum NPT tampaknya ditujukan untuk membuat catatan yang meyakinkan dan menggambarkan Rusia sebagai kekuatan nuklir yang bertanggung jawab.

Mereka kontras dengan pernyataan sebelumnya oleh Putin dan politisi Rusia lainnya yang telah ditafsirkan di Barat sebagai ancaman nuklir implisit.

Dalam pidatonya pada 24 Februari, saat ia meluncurkan invasi Rusia ke Ukraina, Putin dengan tajam merujuk pada persenjataan nuklir Rusia dan memperingatkan kekuatan luar bahwa setiap upaya untuk ikut campur akan "mengarahkan Anda pada konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda".

Beberapa hari kemudian, dia memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk siaga tinggi.

Perang telah meningkatkan ketegangan geopolitik ke tingkat yang tidak terlihat sejak Krisis Rudal Kuba 1962, dengan politisi di Rusia dan Amerika Serikat berbicara secara terbuka tentang risiko Perang Dunia Ketiga.

Direktur CIA William Burns mengatakan pada bulan April bahwa mengingat kemunduran yang dialami Rusia di Ukraina, "tidak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir hasil rendah."

Rusia, yang doktrin militernya mengizinkan penggunaan senjata nuklir jika terjadi ancaman eksistensial terhadap negara Rusia, menuduh Barat melancarkan "perang proksi" melawannya dengan mempersenjatai Ukraina dan menjatuhkan sanksi terhadap Moskow.

Sebelumnya pada hari Senin, sumber kementerian luar negeri Rusia mempertanyakan keseriusan komentar oleh Presiden AS Joe Biden yang menyerukan pembicaraan tentang kerangka kontrol senjata nuklir untuk menggantikan perjanjian yang berakhir pada 2026.

Pada bulan April, Rusia melakukan uji peluncuran pertama dari rudal balistik antarbenua Sarmat yang baru, yang mampu melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat, dan mengatakan pihaknya berencana untuk menyebarkan senjata pada musim gugur. (Reuters/dd)