Amerika Serikat dan Korea Selatan Berjanji untuk Tingkatkan Upaya Denuklirisasi Korea Utara

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dan Kim Jin Pyo, ketua Majelis Nasional Korea Selatan, berjanji pada hari Kamis (4/8) untuk meningkatkan upaya dalam mencapai denuklirisasi Korea Utara, sambil menekankan peran penting legislatif mereka di dalamnya.

Pelosi, yang telah membuat marah China dengan mengunjungi Taiwan untuk bertemu dengan pemimpinnya selama perjalanan Asia-nya, juga mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, dimana mereka setuju untuk meningkatkan hubungan AS-Korea Selatan untuk mengatasi tantangan global dan regional. Yoon saat ini sedang berlibur, menurut kantor kepresidenan.

Pelosi, pejabat tertinggi ketiga AS setelah Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, juga diharapkan mengunjungi desa gencatan senjata antar-Korea Panmunjeom sebelum berangkat ke Jepang di kemudian hari.

"Kami telah menyatakan keprihatinan atas keseriusan tingkat pendalaman ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara dan sepakat untuk meningkatkan upaya kemajuan substansial dalam denuklirisasi," kata Kim dalam konferensi pers bersama dengan Pelosi yang diadakan setelah pertemuan mereka.

Kim menambahkan mereka juga setuju untuk bekerja dengan komunitas internasional untuk mencapai penyelesaian damai di Semenanjung Korea dan terlibat dalam diplomasi sebagai bagian dari upaya untuk lebih memperkuat pencegahan terhadap Korea Utara.

Pelosi, yang mengunjungi Korea Selatan untuk perjalanan dua hari hingga Kamis, juga berbagi dengan mitra legislatifnya tentang perlunya memajukan dan memperkuat kerja sama antar-parlemen untuk mengatasi sejumlah tantangan keamanan dan ekonomi global.

"Ini istimewa bagi kami, karena hubungan AS-Republik Korea khusus bagi kami ... dan kami ingin memperkuat peran antar-parlemen itu saat kami bekerja sama sebagai negara," kata Pelosi pada konferensi pers.

"Ini nilai-nilai bersama, ini tentang memerangi pandemi, ini tentang menyelamatkan planet ini. Begitu banyak hal untuk didiskusikan. Begitu banyak kesempatan yang lebih baik dilayani oleh diskusi kita secara antar-parlemen," tambahnya.

Untuk meningkatkan hubungan bilateral, Kim mengatakan dia dan Pelosi juga sepakat untuk meninjau resolusi yang menandai peringatan 70 tahun aliansi negara mereka tahun depan.

Selama percakapan teleponnya dengan Pelosi, Presiden Yoon meminta dukungan berkelanjutannya untuk meningkatkan aliansi antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, kata kantor kepresidenan dalam sebuah pernyataan.

Pelosi menanggapi dengan mengatakan pentingnya aliansi AS-Korea Selatan telah tumbuh lebih besar, dan bahwa Kongres AS akan melakukan upaya untuk meningkatkan kemitraan, menurut kantor kepresidenan.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan minggu ini meningkatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan China. Beijing telah memperingatkan terhadap perjalanan semacam itu karena menganggap pulau demokratis yang diperintah sendiri itu sebagai provinsi yang membangkang untuk dipersatukan kembali dengan daratan, dengan paksa jika perlu. (kyodo/dd)