Rusia: Tak Perlu Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

By Nad

nusakini.com - Internasional - Rusia "tidak perlu" menggunakan senjata nuklir di Ukraina, menteri pertahanannya mengatakan pada hari Selasa (16/8), menggambarkan spekulasi media bahwa Moskow mungkin menggunakan senjata nuklir atau kimia dalam konflik sebagai "kebohongan mutlak".

"Dari sudut pandang militer, tidak perlu menggunakan senjata nuklir di Ukraina untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Tujuan utama senjata nuklir Rusia adalah untuk mencegah serangan nuklir," kata Sergei Shoigu dalam pidatonya di konferensi keamanan internasional di Moscow.

"Media menyebarkan spekulasi tentang dugaan penggunaan senjata nuklir taktis Rusia dalam operasi militer khusus, atau tentang kesiapan untuk menggunakan senjata kimia. Semua serangan informasi ini adalah kebohongan mutlak."

Shoigu juga menuduh operasi militer Ukraina sedang direncanakan oleh Amerika Serikat dan Inggris, dan bahwa NATO telah meningkatkan penempatan pasukannya di Eropa timur dan tengah "beberapa kali lipat".

Mengacu pada Perjanjian START Baru untuk mengendalikan senjata nuklir AS dan Rusia, Shoigu mengatakan pembicaraan untuk memperpanjang perjanjian itu adalah "jalan dua arah", dan situasi di sekitarnya "sulit".

“Situasi yang sulit juga berkembang sehubungan dengan Perjanjian tentang Pembatasan Senjata Serangan Strategis. Perjanjian tersebut tetap berlaku hingga 2026,” tambah Shoigu.

"Di pihak Rusia, kewajiban sedang dipenuhi, tingkat kapal induk dan hulu ledak yang dinyatakan dipertahankan dalam batas yang ditetapkan." (Reuters/dd)