JK Bakal Hadiri KTT Nuklir di AS

By Admin


nusakini.comJakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Keamanan Nuklir yang akan berlangsung di Washington DC, Amerika Serikat, 1 April mendatang.

Hal itu diungkap Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Hasan Kleib usai bertemu dengan JK di Kantor Wakil Presiden di Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

"Pertemuan ini bukan membahas senjata nuklir. Tetapi bahan-bahan aktifnya yang bisa digunakan keperluan medis, dan lain-lain," ujar Hasan.

Menurut Hasan, pertemuan tingkat tinggi tersebut digagas oleh Amerika Serikat dan digelar dua tahun sekali sejak 2010. "Di KTT nanti akan dibahas masalah keamanan dan pengamanan penggunaan bahan-bahan aktif nuklir," jelas Hasan.

KTT Keamanan Nuklir di Washington akan diikuti 52 negara anggota diawali dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi (SOM) pada 30-31 Maret untuk membahas rancangan dokumen hasil yang akan diadopsi di tingkat pemimpin negara. Hingga saat ini, 34 kepala negara/pemerintahan telah mengonfirmasi untuk hadir dalam KTT tersebut. (ab)