Dua Kesibukan yang Dijalani Kartika Viftiyanti Saat Ini

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jakarta--Mengawali karir dibidang perhotelan dengan latar belakang Public Relation (PR) dan Sales Marketing (SM) , membawa nama wanita yang satu ini begitu dikenal oleh masyarakat, Kartika Viftiyanti atau biasa disapa Vicha. Dia sudah malang melintang bekerja di beberapa hotel berbintang di Jakarta.  

Aktifitasnya pun semakin padat ketika memutuskan untuk berhijrah dan menggeluti bisnis Online Shop bersamaan dengan pekerjaan nya sebagai Senior HR Consultant di PT. Sinergi Penta Esa (Sintesa Resourcing). “Saya tidak merasa berat dengan bekerja di dua bidang yang berbeda karena semua dilakukan dengan ikhlas dan penuh keyakinan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selama kita mengerjakan dengan penuh tanggung jawab, pasti hasilnya pun akan menjadi maksimal, apalagi kedua pekerjaan tersebut bisa kita atur sendirii” ujar Vicha. 

Dalam menjalani aktifitas bisnisnya ini, Vicha banyak didukung oleh teman seperjuangannya, beberapa teman media, bahkan Klien terdahulu pun tidak luput dari jangkauannya untuk meraih target yang dapat menguntungkan  edua belah pihak. Suka-duka dalam berbisnis itu sangat lah menyenangkan, kadang kita dapat langsung banyak project sampai harus mengatur waktu dengan team agar tidak terbentur satu sama lain, karena sebisa mungkin kita tidak akan pernah menolak proyek yang datang walaupun banyak di waktu yang sama, tapi ada kalanya kita agak sedikit prihatin bila menemukan satu penolakan dari penawaran yang kita ajukan. Hasil yang sudah diperolehnya kini benar-benar membanggakan, walaupun banyak tawaran kerja datang lagi tapi Vicha masih terlalu fokus dengan bisnisnya saat ini dan masih bercita-cita untuk membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi. 

Vicha menuturkan “Bila suatu hari nanti berhasil membangun bisnis ini sampai ke luar negeri, perekrutan karyawan pun akan bertambah dan ini yang akan membuka peluang kerja bagi teman-teman yang membutuhkan dimasa sulit seperti ini”. Walau dengan kesibukannya yang padat, tugas sebagai seorang ibu juga tidak pernah ditinggalkan.Ketiga anaknya kini sangat membutuhkan sosok seorang ibu yang harus mendampingi dalam proses pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut Daring. Monitor satu persatu tugas anak yang lumayan banyak dan dengan teknologi yang baik, demi kenyamanan dalam suasana belajar. Anak pertamanya sudah hampir memasuki jenjang perkuliahan yang membuatnya sebagai seorang ibu diharapkan bisa memberi dukungan penuh agar Putri nya bisa diterima kuliah dikampus yang terbaik. 

Ketika ditanya apakah mau kembali bekerja didunia perhotelan, Vicha pun langsung tersenyum, "saya tipikal orang yang ingin menyelesaikan perjuangan sampai dapat hasil yang baik, baru coba pikirkan langkah apa selanjutnya.Seperti yang kita ketahui bersama, Masa Pandemi ini sangat berdampak luar biasa kebeberapa sektor pekerjaan, termasuk dunia Pariwisata dan Perhotelan itu sendiri, dan itu juga yang membuat Vicha berpikir bila harus kembali kedunia perhotelan. Selalu optimis untuk meraih target tapi masih banyak harapan dalam bidang ketenagakerjaan yang sedang Vicha kerjakan. Beberapa produk yang dimiliki oleh Sintesa Resourcing antara lain Recruitment, Asssesment, Training Program, Enterprise, Organization Development dan Corporate Social Responsible (CSR). Bersama para Psikolog dan Assesor yang profesional, Vicha yakin masa depan Sintesa Resourcing akan jauh lebih berkembang lagi  kedepannya dengan inovasi kekinian, milenial style dan perubahan era digital (Digital Distruption) sebagai penunjangnya. 

“Balancing Life antara pekerjaan dan keluarga adalah prinsip yang selalu Vicha utamakan dalam kehidupan sehari-hari, makanya semua harus dilakukan dengan hati yang ikhlas” lanjutnya sambil menutup percakapan.

PERSONAL EXPERIENCES

January – November 2019 : Senior Account Manager di Booking.Com

January 2018 – January 2019 : Head of Corporate Marketing Communication

di Intiwhiz Hospitality

Maret 2015 – January 2018 : Director of Sales incharge di Fraser Residence

Menteng

December 2012 – Maret 2015 : Sales Manger di Hermitage Menteng