Catatan Jurnalis Sukriansyah, Pj Bupati Luwu: Saya Harus Pastikan Pilkada Berjalan Aman

By Admin


MAKASSAR -- Drs H Muhamad Saleh M.Si, Penjabat Bupati Luwu, Sulsel sudah 6 bulan terakhir melaksanakan tugas sebagai Penjabat Bupati Luwu sejak dilantik 21 Februari 2024. Baru saja dilantik, langsung disambut banjir bandang di salah satu kecamatan yang menewaskan 6 warganya.

Peristiwa tersebut membuat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Selatan (Sulsel) ini merasa terpicu untuk membuat terobosan konkret dalam menjaga rasa aman warganya. 

Memang diperlukan komitmen bersama untuk mampu menjaga ekosistem berkelanjutan sambil terus membangun perekonomian berbasis ramah investor. 

"Kalau kita lihat sektor ekonomi, Luwu ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, sektor pertanian yang bagus, sumber tambang yang bagus. Ini semua harus diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat Luwu," ujarnya. 

Satu hal yang menarik dari Pj Bupati Muhamad Saleh adalah sikap pengabdiannya yang tulus untuk masyarakat Luwu. Dia bahkan memilih tak mengambil gajinya selaku kepala daerah Luwu, dan tetap menerima gajinya di kantor yang lama. 

Jelang Pilkada serentak, dia mengingatkan kepada seluruh kontestan agar tetap memelihara rasa persaudaraan. 

"Di Luwu ini memang unik, semua kandidat itu adalah satu keluarga besar. Jadi pertarungannya ini merupakan pertarungan elite politik lokal," ujarnya. 

Di podcats Catatan Jurnalis Sukriansyah (CJS) Pj Bupati Muhamad Saleh bertutur banyak bertutur bagaimana dia menjalankan program agar Pilkada Luwu pada November 2024 nanti berjalan lancar. 

Dipandu jurnalis senior Anita Amier, perbincangan semakin seru dalam menggali lebih jauh sosok Pj Bupati Muhamad Saleh. 

Berikut link wawancara bersama Pj Bupati Luwu Muhamad Saleh di podcats CJS: