Carragher Sarankan Liverpool Segera Rekrut Kiper Buangan

By Admin


nusakini.com - Mantan penggawa Liverpool, Jamie Carragher, mendesak agar mantan klubnya memperkuat sektor penjaga gawang untuk menyongsong musim depan. Nama kiper Manchester City, Joe Hart, disebutnya sebagai opsi yang tepat bagi The Reds.

Liverpool sebenarnya punya musim yang gemilang di 2016/2017 dengan pelatih Jurgen Klopp memasuki musim penuh pertamanya dalam bertugas. Dengan skuat yang tidak begitu merata kekuatannya, Merseyside Merah berhasil meramaikan persaingan di papan atas dan kini menatap asa kembali berkomptisi di Liga Champions musim depan.

Hanya menelan lima kekalahan sejauh ini di liga, Liverpool adalah momok bagi para kontestan di posisi enam besar. Pasalnya mereka sama sekali belum kalah jika bertarung melawan para klub raksasa dan hanya sesekali tergelincir jika bertemu kesebelasan medioker.

Philippe Coutinho dan kolega juga tampil cukup beringas di lini depan. Catatan 68 gol dari total 32 pekan yang sudah dijalani membuat The Anfield Gank boleh menepuk dada karena tidak ada tim lain yang lebih subur dari mereka. Hanya Tottenham Hotspur yang bisa menandingin mereka dengan jumlah gol identik, yakni 68. 

Sayangnya hal ini tidak diikuti dengan pertahanan yang oke. Tidak kurang dari 40 gol sudah bersaran di gawang yang secara bergantian dijaga Loris Karius dan Simon Mignolet. Ini merupakan masalah serius karena diantara para tim di enam besar merekalah yang paling buruk dalam soal jumlah kebobolan. 

Selain isu kedalaman skuat dan miskin strategi masalah pertahanan inilah yang disebut sebagai biang kerok kurang moncernya musim Liverpool. Bahkan Carragher yang merupakan legenda klub ingin Klopp berburu penjaga gawang anyar yang memiliki kelas dunia dan Hart disebutnya sebagai opsi paling mumpuni.

“Bagiku Joe Hart adalah tipe kiper yang saat ini dibutuhkan Liverpool. Saat ini mereka hanya punya Simon Mignolet dan Loris Karius,” papar Carrgher pada The Mirror.

“Memang keduanya adalah kiper bagus dan kiper yang bisa berkembang namun apakah mereka bisa masuk jajaran elite? kurasa tidak dan Hart jelas masuk kategori tersebut.” pungkas mantan bek yang merumput di Anfield dalam periode 1996 hingga 2013 ini.

Hart kini sedang dalam masa peminjaman ke Torino setelah terpinggirkan dari skuat utama The Citizens. Pelatih Pep Guardiola lebih mempercayakan kiper cadangan Willy Caballero dan Claudio Bravo untuk berdiri di bawah mistar gawang. 

Dengan masa depannya yang belum jelas di Etihad Stadium, Hart tidak keberatan memilih opsi hengkang secara permanen usai 2016/2017 rampung. Torino disebut inging pemain 29 tahun itu bertahan namun Hart menyatakan akan memikirkan untuk kembali ke Inggris. 

Di Serie A, Hart yang punya 70 caps bersama tim nasional Inggris ini berhasil membawa Il Toro konsisten di sepuluh besar. Ia bahkan berhasil membuat lima clean sheet dalam prosesnya.

Namun penampilan Hart di Serie A bukan tanpa cela. Ia terhitung cukup banyak melakukan blunder. Paling tidak ia telah melakukan delapan blunder atau kesalahan fatal saat menjaga gawang Il Toro. (fi/om)