7 Orang Tewas akibat Banjir Bandang di Korea Selatan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Curah hujan terberat dalam 80 tahun telah melanda Seoul dan daerah sekitarnya, menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang, serta membanjiri rumah, kendaraan, gedung dan stasiun kereta bawah tanah, kata para pejabat pada hari Selasa, 9 Agustus 2022.

Bagian dari Seoul, kota pelabuhan barat Incheon dan Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi Seoul menerima hujan lebat lebih dari 100 milimeter per jam Senin (8/8) malam, dengan curah hujan per jam di distrik Dongjak Seoul melebihi 141,5 mm pada satu titik, curah hujan tertinggi per jam sejak tahun 1942.

Hujan menyebabkan lima orang tewas dan empat lainnya hilang di Seoul, sementara di Provinsi Gyeonggi, dua orang tewas dan dua lainnya hilang pada pukul 6 pagi, menurut pemerintah.

Sembilan orang mengalami luka-luka di Provinsi Gyeonggi dan 163 orang dari 107 rumah tangga di daerah ibu kota kehilangan tempat tinggal dan berlindung di sekolah dan fasilitas umum lainnya.

Di distrik Gwanak Seoul, tiga orang - dua orang berusia 46 tahun dan satu anak berusia 13 tahun - melaporkan bahwa mereka terjebak di lantai semi basement sebuah bangunan pada pukul 21:07 pada hari Senin tetapi meninggal kemudian.

Di Dongjak, seorang pegawai kantor bangsal berusia 60-an meninggal karena apa yang diyakini sebagai kejutan listrik pada pukul 18:50 selama pekerjaan pembersihan setelah pohon pinggir jalan tumbang karena hujan.

Satu orang lagi tewas pada pukul 17.40 di sebuah rumah yang terendam di distrik itu.

Di kota Gwangju, Provinsi Gyeonggi, satu orang ditemukan tewas terperangkap di bawah puing-puing setelah sebuah stasiun bus runtuh, sementara satu lainnya meninggal di provinsi tersebut setelah tanah longsor membuatnya terkubur di bumi.

Di distrik Seocho Seoul, empat orang hilang, beberapa di koridor area perbelanjaan bawah tanah dan lainnya di lubang got, sementara dua lainnya di Gwangju Gyeonggi masih belum ditemukan setelah hanyut dalam aliran banjir.

Hujan juga membuat banyak fasilitas umum tidak berfungsi, dengan delapan kasus rel kereta api yang banjir dilaporkan di Seoul, Incheon dan tempat lain, dan menyebabkan penangguhan sementara layanan di beberapa bagian dari beberapa jalur kereta api dan kereta bawah tanah, termasuk Jalur Kereta Bawah Tanah Seoul 4 dan Jalur Gyeongin.

Sekitar 80 bagian jalan negara, tiga jalan bawah tanah dan 26 tempat parkir tepi sungai diblokir karena masalah keamanan.

Masuk ke 134 jalur pendakian di empat taman gunung nasional, termasuk Gunung Bukhan di pinggiran utara Seoul, tetap dilarang. 19 rute feri penumpang juga tetap tidak beroperasi pada hari Selasa.

Otoritas pemadam kebakaran juga menyelamatkan 88 orang dari aliran banjir di Gyeonggi dan daerah lain, kata pemerintah.

Kementerian dalam negeri meningkatkan tingkat pengawasan kerusakan banjir dari "waspada" menjadi "serius" pada pukul 01:00 Selasa.

Hingga pukul 6 pagi, wilayah tengah dan wilayah lain negara itu menerima hujan hingga 50 mm per jam, dengan akumulasi curah hujan di Dongjak mencapai 417 mm dari Senin hingga pukul 4 pagi Selasa. (Yonhap/dd)