Kebakaran Hutan Spanyol: 20 Orang Terluka karena Lompat dari Kereta

By Nad


nusakini.com - Internasional - Sebanyak 20 penumpang menderita luka bakar, tiga di antaranya serius, setelah mereka melompat dari kereta api yang dilalap kebakaran hutan di dekat Castellón di timur laut Spanyol.

Kereta tersebut, yang dalam perjalanan dari Sagunto di provinsi timur Valencia, ke Zaragoza, berhenti sementara pengemudi, melihat bahwa api berarti terlalu berbahaya untuk melanjutkan, bersiap untuk membalikkan kereta.

Sejumlah penumpang, yang khawatir kereta akan dilalap api, panik dan melarikan diri setelah memecahkan kaca untuk melarikan diri.

Dua dari mereka dengan luka bakar paling serius dievakuasi dengan helikopter sementara yang lain, di antaranya seorang gadis muda berusia sekitar 10 tahun, dibawa ke rumah sakit terdekat.

Menurut layanan darurat, seorang wanita berusia 58 tahun termasuk di antara mereka yang menderita luka bakar terparah setelah melarikan diri dari kereta.

Kereta, dengan 48 penumpang di dalamnya, berhenti dan sebelum pengemudi berhasil mundur dari api, beberapa penumpang memecahkan jendela dan melarikan diri ke rel.

"Begitu mereka melihat bahwa mereka dikelilingi oleh api, mereka kembali ke kereta dan beberapa dari mereka menderita luka bakar," kata juru bicara perusahaan kereta api Spanyol Renfe.

Presiden Valencia, Ximo Puig, mengatakan bahwa lebih dari 1.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka saat angin kencang mengipasi api di Bejís, Valencia, menambahkan bahwa dua petugas pemadam kebakaran juga menderita luka bakar.

Valencia adalah wilayah terbaru yang mengalami kebakaran hutan parah selama gelombang panas berkepanjangan di Spanyol yang menyebabkan puluhan ribu hektar hutan hancur.

Kebakaran Bejí telah menghabiskan 800 hektar (1.900 hektar) sementara di tempat lain di provinsi ini kebakaran di Vall d'Ebo terus membakar di luar kendali setelah meratakan 11.000 hektar hutan. (theguardian/dd)