Banjir Pakistan Telantarkan Ribuan Warga dalam Semalam

By Nad

nusakini.com - Internasional - Puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka di Pakistan utara pada hari Sabtu setelah sungai yang meluap menghancurkan sebuah jembatan utama, karena banjir mematikan menyebabkan kerusakan di seluruh negeri.

Banjir bandang yang kuat di provinsi utara Khyber Pakhtunkhwa menyebabkan Sungai Kabul membengkak, menyapu sebuah jembatan besar dalam semalam, memutus beberapa distrik dari akses jalan.

Di hilir, kekhawatiran banjir di sekitar tepi sungai mendorong sekitar 180.000 orang di distrik Charsadda meninggalkan rumah mereka, menurut pejabat bencana, dengan beberapa menghabiskan malam di jalan raya dengan ternak mereka.

Hujan monsun bersejarah dan banjir di Pakistan telah mempengaruhi lebih dari 30 juta orang selama beberapa minggu terakhir, kata menteri perubahan iklim negara itu, menyebut situasi itu sebagai "bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh iklim dengan proporsi epik".

Militer telah bergabung dengan pemerintah nasional dan provinsi negara itu dalam menanggapi banjir dan panglima militer Pakistan pada Sabtu mengunjungi provinsi selatan Balochistan, yang dilanda hujan lebat.

"Rakyat Pakistan adalah prioritas kami dan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya apa pun untuk membantu mereka di masa sulit ini," kata panglima militer Jenderal Qamar Javed Bajwa.

Para pemimpin Pakistan telah meminta bantuan masyarakat internasional dan berencana untuk meluncurkan dana banding internasional. Kementerian luar negeri mengatakan Turki telah mengirim tim untuk membantu upaya penyelamatan.

"Besarnya bencana lebih besar dari perkiraan," kata Perdana Menteri Shehbaz Sharif, dalam sebuah tweet, setelah mengunjungi daerah banjir.

Di negara tetangga Afghanistan, pemerintah Taliban juga meminta bantuan setelah banjir di provinsi tengah dan timur.

Korban tewas akibat banjir bulan ini di Afghanistan telah meningkat menjadi 192, kata otoritas bencana. Ribuan ternak telah terbunuh dan 1,7 juta pohon buah-buahan dihancurkan, meningkatkan kekhawatiran tentang bagaimana keluarga akan memberi makan diri mereka sendiri di bulan-bulan yang lebih dingin sementara negara itu menghadapi krisis ekonomi.

"Kami meminta organisasi kemanusiaan, komunitas internasional dan organisasi serta yayasan terkait lainnya untuk membantu kami," Sharafudden Muslim, wakil direktur kementerian bencana Afghanistan, mengatakan pada konferensi pers, menambahkan lebih dari satu juta keluarga membutuhkan bantuan. (Reuters/dd)