Pesantren Kilat dan Aksi Peduli Smaga Makassar di Bulan Ramadan

By Admin

nusakini.com--Sekolah Menengah Atas Negeri 3 (Smaga) Makassar punya kiat tersendiri mengisi waktu buat para siswa di bulan Ramadhan. Sekolah yang berlokasi di Jl. Baji Areng ini menggelar pesantren kilat dan aksi peduli berupa kunjungan ke panti asuhan. 

Menurut Muhammad Hasbi, ketua panpel, pesantren kilat (Peskil) ini merupakan program tahunan Ikramal Smaga. Peskil kali ini mengambil tema "Ramadhanku Bersamamu di Sekolah Ini". "Peskil ini jadi ajang intropeksi diri dan silaturrahim antar siswa Smaga," ujar Hasbi, Senin (12/6).

Hasbi menambahkan, pada Peskil ini, peserta mendapat pelajaran dan bimbingan dari FK2PI yang bertindak sebagai materi. Salah satu materinya adalah cara berwudhu dan tata cara shalat yag sah menurut hadist.

Pada hari yang sama, sejumlah pengurus OSIS Smaga berkunjung ke panti asuhan Cahaya Rezeky. Selain bertemu dengan anak panti, mereka juga memberi sumbangan berupa pakaian, makanan instan dan beras.

Ditemui terpisah, Mirdang Midding, kepala sekolah Smaga memberi apresiasi kepada para siswa yang aktif melakukan kegiatan di bulan Ramadhan.

Kegiatan keagamaan dan sosial yang dilakukan ini, lanjut Mirdang, merupakan bukti bahwa siswa Smaga sangat peduli dengan sesama.

"Secara internal, mereka juga menambah pengetahuan agama mereka dengan mengikuti pesantren kilat," ujar Mirdang yang baru saja mendapat nilai tertinggi pada Diklat Kepala SMA/SMK se Sulawesi Selatan ini.(ab)