Investasi Negara IORA Rata-Rata Naik 13,4% dalam Lima Tahun Terakhir

By Admin

nusakini.com--Dalam lima tahun terakhir, antara 2012-2016, rata-rata investasi negara-negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) naik 13,4%. Tren positif investasi dari negara-negara IORA tersebut terutama disumbang oleh sektor tersier. Pada tahun 2016, kenaikan investasi dari negara-negara IORA mencapai 21,6% dengan nilai investasi mencapai USD 11,67 miliar bila dibandingkan dengan investasi negara anggota IORA pada tahun 2015 sebesar USD 9,5 miliar. 

Negara-negara yang menjadi anggota IORA diantaranya adalah 21 negara yakni Australia, Bangladesh, Comoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagascar, Malaysia, Mauritius, Mozambique, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Srilanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman. 

Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dalam keterangan resmi kepada media, di Jakarta, lima besar kontributor utama dari realisasi investasi yang masuk dari negara IORA adalah Singapura, Malaysia, Mauiritius, Australia dan Thailand. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa IORA menjadi spesial karena keikutsertaan negara berkembang yang begitu besar. 

“Selama ini banyak investasi yang terjadi dari negara kaya kepada negara berkembang, namun dengan semakin berkembangnya sektor jasa dan finansial negara berkembang dan miskin maka ini akan mendorong investasi di antara negara berkembang,” ungkapnya. (p/ab)