Dukungan ke Jokowi Ma’ruf Terus Mengalir, 420 Kelompok Relawan Sudah Terdaftar

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Dukungan relawan untuk pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin terus mengalir. Sampai saat ini tercatat sebanyak 420 kelompok relawan sudah mendaftarkan diri.

Mereka mendaftar dan sudah mendeklarasikan diri di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Jakarta, yang mana tim kampanye nasional menempatkan satu lokasi untuk tempat berkumpulnya relawan.

"Sampai dengan kemarin sudah terverifikasi kelompok relawan sebanyak 420 di Rumah Aspirasi. Mereka mendaftar dan diverifikasi orangnya," ujar Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional, Arsul Sani di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Senin 24 September 2018.

Arsul mengaku senang, dukungan dari relawan datang dari berbagai latar belakang seperti profesi dan komunitas hobi.

Tim kampanye, lanjut Arsul, tak membatasi profil dan dukungan dari relawan lantaran dianggap mewakili suara masyarakat.  "Kami bersyukur ini menambah optimisme kami semua," kata dia.

"Latar belakanganya macam-macam ada yang kesamaan daerah misalnya warga Gunung Kidul ada relawannya sendiri, ada kesamaan pekerjaan, ada kesamaan usaha atau profesi dari berbagai kelompok, dan ada juga kesamaan hobi seperti komunitas Vespa."

Sebelumnya Direktur Relawan Tim Kampanye, Maman Imanulhaq, mengatakan, dukungan relawan setidaknya membantu pasangan petahana untuk membendung serangan lawan dari berita hoaks dan fitnah. 

Relawan, kata Maman, bakal dibekali pengetahuan, serta ditunjukkan data-data ataupun fakta manakala ada informasi yang menyudutkan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam hal ini, relawan secara tidak langsung bertindak sebagai juru bicara.

"Sehingga ketika mereka ada yang memancing dengan data hoaks, maka kita bilang jangan balas dengan hoaks dan fitnah," kata Maman beberapa waktu lalu. (b/ma)