4 Modal Utama Indonesia untuk Jadi Bangsa Kompetitif

By Admin

nusakini.com--Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan baik internal maupun eksternal. Daya saing merupakan kata kunci untuk menghadapi tantangan tersebut. Tidak ada satupun negara yang dapat survive tanpa adanya daya saing. Indonesia paling tidak memiliki 4 modal utama untuk menjadi bangsa yang kompetitif, yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam, stabilitas politik dan posisi letak geografis NKRI. 

  "Kapabilitas individu, komitmen, kompetensi, dan pengalaman pribadi yang dimiliki oleh setiap individu akan membawa organisasi mencapai kinerja yang diperlukan," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri di Jakarta, Senin (17/10). 

Menurutnya, human capital penting sebagai sumber inovasi. Selain itu, human capital juga memberikan nilai tambah melalui motivasi, komitmen, kompetensi serta efektivitas kerja yang akan dikontribusikan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Sehingga memberikan sustainable revenue bagi suatu organisasi/perusahaan. 

Dengan populasi SDM terbesar di wilayah ASEAN sekitar 242 juta jiwa atau setara 40 persen dari total jumlah populasi ASEAN. Apalagi lagi jika dikaitkan dengan bonus demografi yang akan terjadi beberapa tahun kedepan. Semakin memposisikan Indonesia sebagai negara yang memiliki posisi tawar yang sangat strategis dalam percaturan ASEAN," papar Menaker. 

Posisi tawar tersebut, lanjut Menaker, akan didapatkan jika SDM Indonesia memiliki daya saing. Daya saing harus di ciptakan, di pelihara, dan bahkan harus memiliki tantangan untuk menguji ketahanannya, sehingga semakin memiliki ketahanan dan kekuatan.  

Disinilah letak pentingnya membangun dan menyiapkan kekuatan SDM, yang mampu menghadapi tantangan atau permasalahan, dan media untuk menumbuhkembangkan SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman.(p/ab)