Peralatan BLK Sudah Tua, Menaker Himbau BLK Gandeng Perusahaan

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri kunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan Terubuk, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau. Ini merupakan rentetakan kunjungan Menaker Hanif dari Kunjungan Kerja (Kunker) nya di Riau. 

“Di sini banyak peralatan pelatihan sudah tua, yang didatangkan pada 80-an silam. Untuk peralatan ya harus di-upgrade, memang kondisinya sudah ketingalan zaman," kata Menaker Hanif,  kemarin.  

Menteri tiga anak itu menjelaskan, agar siswa yang mengikuti pelatihan tetap upgrade, diminta pihak BLK pun bisa bekerja sama dengan perusahaan agar upgrade perkembangan ilmu pengetahuan tidak ketinggalan.  

Pasalnya, dengan menggandeng perusahaan siswa yang mengikuti pelatihan bisa belajar langsung update dengan mesin-mesin yang dipergunakan saat ini. Selain itu, mesin yang tak dipergunakan lagi di perusahaan bisa dimanfaatkan untuk pelatihan siswa.  

"Kalau berbicara anggaran pusat dan daerah sama-sama punya keterbatasan. Solusinya dengan bekerja sama dengan perusahaan industri. Jadi jika ada alat-alat tak terpakai bisa dimanfaatkan untuk pelatihan. Biasanya perusahaan selalu mengaprade lima tahun sekali," ungkapnya. 

Ada pun melalui BLK itu sendiri agar lebih bisa fokus dan masif memproduksi lebih baik. Misalnya kalau migas di Riau masih dipandang strategis tentunya harus bisa disuport BLK. Dengan begitu, kompetensi tertentu dari sektor migas bisa digenjot lagi. (p/ab)