nusakini.com - Internasional - Presiden China Xi Jinping sedang bersiap untuk melakukan perjalanan ke Asia Tengah dan bertemu dengan mitranya dari Rusia Vladimir Putin pada pertengahan September, The Wall Street Journal mengatakan Jumat (19/8).

Mengutip "orang-orang yang akrab dengan perencanaan," harian bisnis melaporkan bahwa Xi mungkin menghadiri KTT tahunan Organisasi Kerjasama Shanghai 15-16 September di Samarkand, Uzbekistan, secara langsung dan bertemu dengan Putin di sana.

Langkah potensial itu didorong oleh kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan awal bulan ini, yang dilihat di Beijing sebagai eskalasi tekanan Barat terhadap China, kata laporan itu.

Jika terealisasi, kunjungan ke negara Asia Tengah itu akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Xi sejak awal 2020.

China telah bereaksi keras terhadap kunjungan Pelosi ke Taiwan, mengadakan latihan militer skala besar di dekat pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dan menangguhkan impor produk pertanian dan perikanan dari Taiwan.

Sementara itu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan kepada Bloomberg pada hari Kamis bahwa Xi dan Putin diharapkan untuk mengambil bagian dalam KTT Kelompok 20 ekonomi, yang menjadi tuan rumah negara Asia Tenggara di Bali pada Oktober 3. (kyodo/dd)