Whoopi Goldberg Diskors oleh Stasiun TV ABC setelah Komentarnya tentang Holocaust

By Nad

nusakini.com - Internasional - Whoopi Goldberg telah diskors dari acara bincang-bincang AS setelah mengatakan Holocaust melibatkan "dua kelompok orang kulit putih".

ABC News mengatakan Goldberg tidak akan tayang selama dua minggu setelah "komentarnya yang salah dan menyakitkan".

Aktris dan tokoh TV itu mengatakan di The View ABC bahwa genosida Nazi terhadap orang-orang Yahudi "bukan tentang ras".

Dia meminta maaf tetapi kemudian menyebabkan pelanggaran lebih lanjut ketika mencoba menjelaskan pernyataannya di acara larut malam.

Dalam sebuah catatan kepada staf pada Selasa (1/2) malam, presiden ABC News Kim Godwin menulis: "Segera berlaku, saya menangguhkan Whoopi Goldberg selama dua minggu karena komentarnya yang salah dan menyakitkan.

"Sementara Whoopi telah meminta maaf, saya telah memintanya untuk meluangkan waktu untuk merenungkan dan mempelajari dampak dari komentarnya.

"Seluruh organisasi ABC News berdiri dalam solidaritas dengan rekan, teman, keluarga, dan komunitas Yahudi kami."

"Keputusan ini tidak pernah mudah, tetapi perlu," tambahnya dalam memo tersebut, lapor Hollywood Reporter.

"Baru minggu lalu saya mencatat bahwa budaya di ABC News adalah budaya yang didorong, baik hati, inklusif, hormat, dan transparan. Komentar Whoopi tidak sejalan dengan nilai-nilai itu."

Sebelumnya pada hari Selasa, Goldberg mengeluarkan permintaan maaf publik ketiganya.

“Kemarin di acara saya salah bicara,” ujarnya membuka acara talk show.

"[Holocaust] memang tentang ras, karena Hitler dan Nazi menganggap orang Yahudi sebagai ras yang lebih rendah.

"Sekarang, kata-kata penting, dan saya tidak terkecuali. Saya menyesali komentar saya dan saya berdiri dikoreksi. Saya juga mendukung orang-orang Yahudi."

Aktris pemenang Oscar berusia 66 tahun, yang telah berada di The View sejak 2007, pertama kali membuat komentar kontroversial pada acara Senin (31/1) saat membahas larangan dewan sekolah Tennessee atas novel grafis tentang Holocaust dengan alasan bahwa itu menunjukkan ketelanjangan, fitnah dan bunuh diri.

Di tengah kegemparan, dia merilis permintaan maaf beberapa jam kemudian.

Tapi di CBS' The Late Show with Stephen Colbert pada Senin malam, ketika mencoba untuk mengklarifikasi komentarnya, dia mengatakan Nazi telah berbohong dan sebenarnya memiliki masalah dengan etnis bukan ras, yang menyebabkan pelanggaran lebih lanjut.

Ini bukan pertama kalinya Goldberg menimbulkan kontroversi.

Dia mengatakan pada tahun 2009 bahwa sutradara film Roman Polanksi - yang mengaku bersalah melakukan "seks yang melanggar hukum dengan anak di bawah umur" pada tahun 1977 - tidak bersalah atas "pemerkosaan-pemerkosaan".

Dia juga membela Bill Cosby saat dia menghadapi tuduhan penyerangan seksual, sebelum berbalik arah di tengah serangan balasan. (bbc/dd)