Wasit Kontroversial Liga Inggris

By Admin


nusakini.com - Pecinta Liga Inggris pasti kenal dengan wasit kontroversial yang satu ini.

Dia adalah Mike Dean yang baru-baru ini dihukum Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dengan diusir ke divisi dua Liga Inggris. Dean dihukum karena terlalu sering membuat keputusan kontroversial. Bahkan lima dari enam kartu merah yang dikeluarkannya dibatalkan oleh FA.

Pada Minggu (22/1/2017) dini hari WIB, Dean menjalani laga pertamanya di divisi dua. Laga antara Barnsley dan Leeds United adalah laga pertama yang dipimpinnya setelah diusir ke divisi Championship. Namun baru saja memimpin satu laga, Dean sudah membuat heboh lagi. Wasit 48 tahun tersebut memberikan keputusan yang bisa dibilang tidak masuk akal. Dean memberikan hadiah penalti pada Leeds United saat bek Barnsley, Marc Roberts, melakukan handsball.

Anehnya handsball yang dilakukan oleh Roberts jelas sekali terjadi di luar kotak penalti.

Hal ini tentu saja membuat heboh banyak netizen. Mereka rata-rata bingung dengan cara kerja Dean. Wasit yang disebut-sebut sebagai fans Tottenham Hotspur ini bahkan jadi bahan ejekan hingga amukan netizen. 

"Mike Dean didegradasi ke divisi Championship dan memberikan penalti pada handball ini.. diluar kotak (penalti). Tidak bisa dipercaya."

 "Saya melihat Mike Dean masih membuat keputusan yang mengejutkan meskipun menempatkan dia di non-liga."

"Mike Dean akan selalu menjadi Mike Dean meskipun itu di Liga Inggris, Championship atau Ligue One (kasta ketiga) #badut."

Wasit kelahiran Inggris ini di usir ke divisi dua setelah mengeluarkan kartu merah kontroversial dalam laga Manchester United dan West Ham pada 3 Januari 2016. Dalam laga itu Dean mengeluarkan kartu merah untuk pemain West Ham Sofiane Feghouli karena melanggar bek MU Phil Jones yang kemudian dibatalkan. 

Sementara alasan Dean disebut sebagai fan Tottenham adalah karena setiap aksi kontoversialnya yang selalu membuat tim London Utara tersebut dapat untung darinya.

Dean disebut sering membuat keputusan yang menguntungkan Tottenham. Bahkan Dean sempat terlihat berselebrasi ketika pemain Tottenham berhasil mencetak gol ke gawang Aston Villa pada 2015 lalu. (ss/om)