Tinggalkan Chelsea, Rudiger Menuju ke Madrid?

By Abdi Satria


nusakini.com-London-Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, memastikan keinginan Antonio Rudiger untuk mengakhiri kiprah bersama The Blues pada akhir musim ini. Seiring dengan habisnya kontrak bersama Chelsea, bek tengah asal Jerman itu akan meninggalkan The Blues dengan status free agent.
Padahal, manajemen The Blues diketahui sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan Rudiger dengan berbagai tawaran kontrak baru. Bahkan, Chelsea sempat menawarkan gaji sebesar 200 ribu poundsterling per pekan.
Besaran gaji yang dapat menjadikan Rudiger sebagai pemain dengan gaji tertinggi di sepanjang sejarah The Blues. Namun, kedua belah pihak tidak menemui kata sepakat soal perpanjangan kontrak mantan bek tengah AS Roma tersebut.
Kabarnya, komisi untuk agen pemain dan bonus perpanjangan kontrak menjadi salah satu penghalang terbesar dalam negosiasi tersebut. Tuchel pun mengaku sudah mengetahui rencana Rudiger untuk meninggalkan Chelsea pada beberapa hari lalu via sebuah pertemuan pribadi.
''Dia memberi tahu saya (soal rencana hengkang dari Chelsea) beberapa hari lalu dalam sebuah pembicaraan personal,'' tutur Tuchel seperti dikutip BBC, Ahad (25/4/2022).
Pelatih asal Jerman itu sebenarnya berharap bek tengah berusia 29 tahun itu tetap bertahan di Stadion Stamford Bridge. Terlebih, Rudiger merupakan salah satu pemain kunci The Blues sejak kehadiran Tuchel pada pertengahan musim lalu tersebut.
Eks bek tengah Stuttgart itu juga menjadi figur penting dalam upaya The Blues meraih titel Liga Champions musim lalu. Namun, ketidakpastian yang menimpa The Blues menyusul sanksi terhadap pemilik klub, Roman Abramovich, membuat upaya mempertahankan pemain yang direkrut dari Roma pada 2017 itu menjadi semakin berat.
''Kami telah memberikan segalanya dan kini kami memasuki situasi yang tidak bisa kami menangkan akibat sanksi tersebut. Toni (panggilan Rudiger) akan hengkang. Tangan kam seolah terikat dalam hal tersebut,'' ujar eks pelatih Paris Saint Germain tersebut.
Rumor kepergian Rudiger dari Chelsea ini memang terus berkembang. Sejumlah klub dikabarkan tengah bersiap membujuk bek timnas Jerman tersebut. Sempat dikabarkan telah begitu dekat dengan Juventus dan Barcelona, Rudiger kini disebut-sebut telah memilih untuk bisa bergabung bersama Real Madrid. (rep)