Tekuk Everton 2-0, Liverpool Tempel Ketat Man City

By Abdi Satria


nusakini.com-Liverpool-Liverpool sukses meraih kemenangan saat menjamu Everton di laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-34 di Stadion Anfield, Minggu (24/05/22) malam WIB. Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, Liverpool akhirnya meraih tiga poin berkat kemenangan 2-0. 

Liverpool kesulitan untuk menjebol gawang Everton dan butuh lebih dari sejam untuk mencetak gol lewat Andrew Robertson. Lalu, Divock Origi menutupnya lewat gol di lima menit akhir laga. Tambahan tiga poin membuat Liverpool tetap di posisi kedua dengan 79 poin dari 33 laga, selisih satu angka dari Man City di posisi pertama. Everton masuk zona degradasi alias posisi ke-18 dengan 29 poin.

Jalannnya Pertandingan

Liverpool yang mengambil inisiatif serangan tampak kesulitan di awal-awal laga untuk mengembangkan permainan, lantaran Everton yang menerapkan taktik pragmatis. Everton bermain disiplin untuk mempersempit ruang gerak para pemain lawan. Strategi tersebut cukup efektif dalam meredam serangan berbahaya Liverpool.

Everton mendapat kans untuk menyerang ke pertahanan Liverpool saat Richarlison merebut bola dari Thiago Alcantara. Dia memberikannya kepada Abdoulaye Doucoure yang berlari ke kotak penalti, dan coba menembak tapi masih melebar.

Liverpool tercatat hanya tiga kali melepas tembakan di sepanjang 45 menit pertama, dan tak ada satu pun yang tepat sasaran. Skor imbang 0-0 pun menjadi hasil sementara saat laga memasuki jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool masih memegang kendali permainan. Serangan-serangan berbahaya mereka masih membuat Everton bermain bertahan. Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-62. Umpan lambung yang dikirim Mohamed Salah berhasil disundul Robertson di tiang jauh untuk membobol gawang Jordan Pickford.

Everton tidak tinggal diam. Mereka juga berusaha mencetak gol untuk bisa menyamaan kedudukan dan punya peluang untuk mewujudkannya. Sayang, tembakan keras Demarai Gray masih tak menemui sasaran.

Liverpool semakin berada di atas angin setelah Origi sukses menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-85. Sebuah tembakan gunting Luis Diaz berhasil disundul Origi menjadi gol.

Tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim di sisa laga. Skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool pun menjadi hasil akhir pertandingan ini. (IS)