Sandy, Pelari Sulsel Terakhir Lolos PON XX

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Sulawesi Selatan akhirnya berhasil meloloskan tiga atletnya dalam cabang olahgara atletik ke PON XX/2020 Papua, setelah Sandy, 22 tahun, tercatat sebagai atlet terakhir meraih emas dan lolos limit waktu pada nomor 100 m putra. Atlet Sulsel yang baru saja menamatkan pendidikannya di UNM ini sebenarnya berhasil meraih emas pada nomor 200 namun tidak lolos imit waktu.

Juru Bicara KONI Sulawesi Selatan M.Dahlan Abubakar menjelaskan Senin (2/3/2020), dengan prestasi Sandy, Sulsel kini sudah meloloskan tiga atlet. Selain Sandy, juga ada Syamsuddin Massa yang lebih dulu lolos PON XX dalam 3 nomor, yakni 3.000 m, 5.000, dan 10.000 m dan Fitri pada nomot 3.000 “steeple chase”.

 Abd.Kadir S.Pd. M.Pd. pelatih Kepala Atletik Sulsel menjelaskan, Sandy mencatatkan dirinya sebagai atlet terakhir yang meraih medali emas dan lolos limit, setelah mengikuti Kualifikasi dan tes even Atletik di Timika Papua, 27-39 Februari 2020.

 “Tes even ini sekaligus juga merupakan uji coba lapangan bagi tuan rumah sebelum pelaksanaan PON XX Oktober 2020,” ujar Kadir tentang kualifikasi yang diikuti berbagai provinsi di Indonesia tersebut. (r/ab)