Sambaran Petir dan Gelombang Panas Menyebabkan Kebakaran Hutan di Kanada

By Nad

nusakini.com - Internasional - Lebih dari 130 kebakaran hutan terjadi akibat sambaran petir di bagian barat Kanada setelah gelombang panas terjadi.

Pemerintahan Kanada mengumumkan mereka akan mengirimkan pesawat militer untuk membantu pelayanan darurat di provinsi British Columbia untuk melawan api yang semakin meluas.

Awal minggu ini, warga melarikan diri dari desa Lytton di provinsi ini. Lytton menuliskan rekor suhu terpanas Kanada sepanjang masa pada hari Selasa (29/6) dengan suhu setinggi 49,6 derajat celcius. Desa ini kemudian terbakar.

Kebakaran di desa Lytton yang berisikan 250 warga dan terletak sekitar 260km dari Vancouver, mengharuskan warga untuk pergi tanpa barang bawaan sama sekali pada hari Rabu (30/6) sore. Menurut Walikota Jan Polderman, seluruh desa itu terbakar hanya dalam waktu 15 menit.

Pada hari Jumat (2/7), Layanan Kebakaran Hutan British Columbia menyatakan sedang terjadi 136 kebakaran aktif di seluruh provinsi, dan sekitar 12.000 sambaran petir dilaporkan pada hari sebelumnya. Banyak dari sambaran petir ini terjadi di dekat komunitas warga.

Ratusan warga lainnya sudah diperingati bahwa mereka kemungkinan harus meninggalkan rumah mereka.

Menteri Pertahanan Harjit Sajjan mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan, termasuk helikopter militer dan tentara untuk meredam api dan membantu warga yang terancam dari kebakaran.

Kantor Kesehatan British Columbia mengatakan bahwa gelombang panas ini kemungkinan besar berkontribusi terhadap kasus-kasus kematian mendadak di Kanada.