Reza Ali Siap Nakhodai KONI Sulsel 2022-2026

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Masa kepengurusan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan periode 2017- 2021 akan berakhir Maret mendatang. Untuk mencari nakhoda baru induk cabang olahraga ini akan melaksanakan Musorprov Maret mendatang.

Sejumlah figur calon Ketua Umum KONI Sulsel sudah menyatakan kesiapannya bertarung menahkodai lembaga pembinaan olah raga tersebut. Salah satunya A Reza Rasyid Ali, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Nasional (Ketum PP Pertina) periode 2012 - 2016. Kakak kandung Ketua MPW Pemuda Pancasila Diza Ali dan Wakil Ketua DPRD Makassar Adi Rasyid Ali juga merupakan mantan legislator DPR RI tahun 2009-2014.

Selain sebagai pengusaha, Reza Ali tak pernah lepas dari olah raga. Nyaris seluruh waktunya dihabiskan mengurusi hal tersebut. 

Sepak terjangnya dalam dunia olahraga baik lokal maupun nasional tak perlu diragukan lagi. Sejumlah cabang olahraga pernah dipimpinnya. Di antarnya Pengda Pertina Sulsel, Direktur PSM Liga 2 dan Liga 3. Selain itu cabang olah raga catur, sepatu roda, selam hingga menjadi bagian dari pendirian sekolah sepak bola MFS 2000. 


Klub sepakbola yang dikelola oleh Diza Ali ini melahirkan sejumlah pesepakbola andal. Di antarnya Hamka Hamzah dan Syamsul Chaeruddin.

"Saya siap maju sebagai calon Ketua KONI Sulsel atas keinginan dan desakan banyak pengurus cabor yang datang menemui dan meminta saya maju," tegas Reza Ali belum lama ini usai menerima sejumlah pengurus cabor yang datang menemuinya di Ombak Cafe & Resto.

Sekertaris Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sulsel , Andi Langgau Gusri menyambut baik sikap Reza Ali yang siap maju menahkodai KONI Sulsel. Menurutnya selain berpengalaman, mau berkorban dan punya jaringan luas Reza dinilai punya komitmen besar dalam memajukan olah raga Sulsel yang tengah terpuruk. 

"Pak Reza memiliki visi akan membawa  olah raga Sulsel menempati nomor terhormat 5 besar secara nasional pada PON XXI," kata Andi Langgau.

Hal itu diamini Ahmadi, Sekum Asprov PSSI Sulsel. Menurutnya ia telah mengenal figur Reza Ali sejak lama.

"Pak Reza bisa membawa angin segar bagi olah raga Sulsel. Kami sangat merasakan saat beliau memimpin Pertina Pusat. Cabor tinju benar-benar maju. Bahkan salah satu petinju Sulsel (Dufri Masihor) meraih medali emas SEA Games 1998," timpal Muh. Tawing, salah satu pengurus Pengprov Pertina Sulsel.

Sejauh ini Reza telah mengantongi 16 dukungan dari KONI kabupaten/kota ditambah 18 cabang olah raga, meski masih  dirahasiakan.     

Musorprov KONI Sulsel dijadwalkan akan dilaksanakan Maret mendatang. Tahapan penjaringan calon ketua sudah dimulai Kamis 13 Januari. Sementara pendaftaran mulai dibuka pada 14-18 Feberuari mendatang. (rls)