RBC Cup 2022, Ajang Unjuk Kemampuan Pebasket Papan Atas

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Sejumlah tim elit bola basket akan bersaing ajang Rajawali Basketball Club (RBC) Cup yang akan digelar selama sepekan yakni mulai 12-18 Juni 2022.

Enam tim Basket akan bersaing di RBC Cup yakni Flying Wheel, Makassar Warriors, Old School, Sahabat, RBC hingga klub elit Indonesia asal Surabaya BBM CLS Knight. 

Pembina Rajawali Basketball Cup Jamin Mattotoran, mengatakan pertandingan bola basket ini menghadirkan BBM CLS Knight salah satu tim basket ternama di Indonesia. 

"Bukan hanya itu, kompetisi ini juga mendatangkan pemain asing untuk sejumlah tim, seperti yang hadir saat ini yakni Kendal Yancy asal Texas Amerika, klub profesional IBL Bali United," katanya. 

Dirinya menjelaskan hadirnya RBC Cup ini diharapkan bisa menambah semangat para atlet bola basket Sulsel, khususnya di Kota Makassar. 

"Kita rencanakan turnamen ini digelar tiap tahun. Karena diharap bisa memotivasi para atlet hingga bisa meningkatkan prestasi bola basket di tingkat nasional," katanya. 

Untuk itu kata dia, pihaknya berharap ada dukungan dari pemerintah agar bisa menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk membuat pertandingan berstandar nasional. 

"Jangan sebut Makassar kota dunia, kalau belum punya sarana olahraga standar dunia, Mudah-mudahan ini bisa diadakan oleh pemerintah untuk mendorong prestasi olahraga termasuk bola basket," katanya. 

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulsel Wahyu Hidayat mengatakan, Turnamen RBC Cup ini baru kali pertama digelar. 

"Ini sejarah untuk Sulsel, karena menggelar turnamen dengan menghadirkan tim berkualitas dan juga pemain bola basket impor," katanya. 

Dia berharap ajang ini bisa mencetak pemain basket yang bisa mengukir prestasi di sejumlah kejuaraan. "Tentu ini jadi hal yang sangat bagus untuk atlet basket di Makassar," tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Juandi mengatakan, selain turnamen pada RBC Cup ini juga melakukan pertandingan eksebisi. Untuk turnamennya menggunakan sistem setengah kompetisi. "Di mana klub bakal  ketemu semua dan dua tim tertinggi poinnya masuk babak final," katanya. (rls)