Presiden Panitia Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 Bangga terhadap Jepang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada hari Senin (6/9) mengatakan ia bangga terhadap Jepang yang bisa menjadi tuan rumah ajang olahraga dunia tersebut, walaupun memiliki banyak rintangan akibat pandemi COVID-19.

Berbicara dalam konferensi pers satu hari setelah Paralimpiade berakhir, Seiko Hashimoto mengatakan panitia mampu menyelenggarakan Pertandingan Tokyo, yang sempat ditunda satu tahun, tanpa masalah yang besar dan memastikan keselamatan semua partisipan dan masyarakat Jepang.

Namun ia mengaku tidak bisa mengatakan penyelenggaraan ini 100 persen sukses karena tidak bisa mengadakan setiap pertandingan secara komplit, karena tidak adanya penonton dalam beberapa pertandingan.

Olimpiade dan Paralimpiade diikuti oleh sekitar 15.000 atlet dari seluruh dunia, namun mereka harus menghadapi banyak aturan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebagian besar kompetisi diselenggarakan tanpa penonton di stadion-stadion yang terletak di Tokyo dan prefektur-prefektur lain. Para atlet tidak diizinkan keluar dari wisma atlet dan lokasi pertandingan, lalu atlet luar negeri harus segera meninggalkan Jepang setelah babak final.