Perempuan Asmat Semangat Wujudkan Kesetaraan

By Admin


nusakini.com - Asmat – Beberapa warga berbaris rapih di pinggiran pelabuhan kabupaten Asmat menunggu kehadiran Mama Yo di negeri seribu papan ini, Wakil Bupati Asmat segera menyambut hangat dan memberikan piyiwi (sejenis ikatan kepala dari bulu kasuari) beserta noken dalam suatu prosesi sakral.

Menggunakan motor listrik, Mama Yo kemudian mengunjungi tiga tempat, pertama gedung Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Asmat yang berada di pusat kota Agats, Mama Yo berujar akan menjalankan program yang berkelanjutan bagi warga Asmat khususnya perempuan dan anak. “Kami bangga melihat ibu ibu yang hadir disini, kami akan terus melindungi perempuan yang ada di Indonesia, tumbuh kembang anak dan hak anak tanpa diskriminasi dari Sabang sampai Merauke” tegas Mama Yo pada saat memberikan sambutan pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Asmat, Papua.   

Masih dalam sambutannya, pada Sustainable Development Goals (SDG’s) pembangunan berkelanjutan di tingkat internasional, ada 17 indikator yang harus menjadi konsern, salah satunya adalah indikator yang ke lima yaitu kesetaraan. Perempuan diharapkan bisa sejalan dan setara dengan laki laki sehingga image perempuan tidak hanya sebatas pada urusan domestik saja namun sebagai bagian terpenting di dalam pembangunan sebuah Negara.

Menteri PPPA juga menegaskan bahwa urusan terkait perempuan dan anak merupakan urusan wajib daerah sesuai dengan Undang- Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. “Jadi setiap Kepala Daerah punya tanggung jawab untuk memberikan perhatian untuk perlindungan perempuan dan anak serta pemberdayaan perempuan demi keluarga dan pembangunan Negara.” Pukas Mama Yo.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanto, bahwasanya perempuan dan laki laki harus saling melengkapi satu sama lain. “Dahulu perempuan Papua merasa tidak sanggup untuk setara dengan laki laki, kini perempuan Papua lebih bersemangat untuk memajukan ekonominya sehingga kesetaraan demi kemajuan negara akan terlaksana” jelas Thomas.

Pada kunjungan kerjanya hari ini, Mama Yo memberikan pelatihan mengolah makanan untuk meningkatkan gizi massyarakat disana seperti sinole, sanusep isi ikan, ulat sagu, papeda, sagu opom dan lain sebagainya. Selanjutnya Mama Yo berdialog dengan mama mama di gereja dan bermain simulasi pembangunan ketahanan keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) untuk konseling pengasuhan anak pada masing masing pasangan keluarga dan ditutup dengan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Agats. (p/ma)