Penumpang Gelap di Roda Pesawat Ditemukan Selamat setelah Terbang ke Amsterdam selama 11 Jam

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pihak berwenang Belanda menemukan penumpang gelap bersembunyi di roda hidung pesawat kargo ketika mendarat di Bandara Schiphol Amsterdam Minggu (23/1) pagi.

Pria itu telah bersembunyi selama lebih dari 11 jam sejak rencana berangkat dari Johannesburg, Afrika Selatan, menurut juru bicara di bandara Schiphol dan polisi. Sementara individu itu tidak diidentifikasi, para pejabat mengatakan dia diyakini berusia antara 16-35 tahun.

"Kami mengetahui bahwa seseorang ditemukan bersembunyi di pesawat kargo di platform kargo bandara, pagi ini," kata juru bicara Bandara Schiphol Willemeike Koster kepada CNN. Polisi Militer Kerajaan Belanda sedang menangani situasi tersebut, kata Koster.

Awak darat bandara pertama kali melihat sesuatu yang tampak seperti seseorang dan segera memberi tahu pihak berwenang. Setelah mencapai tempat kejadian, polisi Belanda dan layanan darurat memastikan pria itu masih hidup tetapi dengan suhu tubuh rendah, kata juru bicara Polisi Militer Kerajaan Belanda Joanne Helmons.

"Kami terkejut menemukan pria ini, tetapi lebih terkejut lagi karena dia masih hidup setelah pesawat terbang lebih dari 10.000 [kilometer] dalam suhu yang sangat, sangat dingin," kata juru bicara Polisi Militer Kerajaan Belanda Joanne Helmonds kepada CNN.

Pria itu dihidupkan kembali dan distabilkan di bandara dan kemudian diangkut ke rumah sakit di Amsterdam, tambah Helmons.

"Ketika pria tersebut telah pulih dan dinyatakan sembuh oleh rumah sakit, dia kemudian akan diproses di Pusat Pencari Suaka (AZC) di mana statusnya akan ditentukan apakah dia memang mencari suaka," kata Helmons.

Waktu penerbangan antara Johannesburg dan Amsterdam rata-rata sekitar 11 jam, dan jika penerbangan itu singgah di Kenya, perjalanannya akan menjadi beberapa jam lebih lama, menurut Polisi Militer Kerajaan Belanda,

Cargolux, maskapai kargo Luksemburg tempat penumpang gelap itu berada, menolak mengomentari berita tersebut sampai penyelidikan atas situasi tersebut selesai. (cnn/dd)