Penampakan Pabrik Pemberi "Like" Palsu di Media Sosial

By Admin


nusakini.com - Jumlah "like" di media sosial emang kayaknya jadi salah satu parameter penting bagi banyak orang di masa sekarang ini ya Gan, khususnya buat mereka-mereka yang pengen mengiklankan barang dagangannya.

a gimana dong. Semakin banyak like semakin keren postingan kamu kalau dilihat. Buat yang ngiklanin barang dagangan ya tentu semakin banyak like semakin banyak juga orang yang tertarik buat liat atau beli produk daganganmu. 

Nah, mungkin karena saking pentingnya jumlah like ini makanya sekarang ada yang namanya penyedia jasa like palsu bermunculan. Ya, namanya juga palsu, likenya pun gak berasal dari pengguna sungguhan. Jadi biasanya, vendor membayar uang ke penyedia like palsu, lalu dia akan memperoleh sejumlah like sesuai dengan kesepakatan mereka.  

Sebuah video yang beredar di internet belakangan ini bisa memberikan gambaran gimana cara kerja para pemberi like palsu.

Video ini direkam oleh seseorang dari Rusia yang mengunjungi tempat yang disebut sebagai "click farm" di China.

Ternyata ini lah pabrik tempat dibuatnya berbagai like, rating atau ranking palsu untuk aneka aplikasi mobile dan postingan di media sosial Gan. Penyedia jasa like palsu semacam ini banyak ditemui di wilayah Ruisa dan China dengan pelanggan-pelangan internasional. 

Jadi kalau dilihat di videonya, ada sebuah ruangan yang isinya smartphone semua. Perangkat itu disusun di rak khusus dan tersambung ke kabel. Ada beberapa orang yang duduk di depan komputer tapi tidak tampak menjalankan smartphone tersebut secara manual. Kemungkinan sih perangkat itu berjalan otomatis untuk memberikan like.

Pembuat video ini bahkan mengklaim bahwa clik farm di China ini mengoperasikan lebih dari 10.000 Smartphone Gan. Banyak juga ya handphonenya. Jadi, buat yang sering kepincut postingan barang dagangan karena jumlah like-nya, jangan keburu percaya 100 persen dulu ya Gan. Siapa tau ternyata jumlah like yang Agan lihat cuma like-like fiktif dari click farms semacam ini. (k/om)