Pemprov DKI Manfaatkan Lumen Helpdesk Beri Informasi ke Warga

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Global Infotech Solution melakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) tentang pemanfaatan server IBM Power Linux dan Aplikasi Lumen Helpdesk.


Lumen Helpdesk adalah pemenang ajang kompetisi IBM Linux Challenge 2016 yang diadakan atas kerjasama IBM Indonesia dengan Jakarta Smart City. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai customer service chatbot otomatis dalam melayani pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan kepada helpdesk baik melalui pesan instan maupun media sosial.


"Terima kasih atas kerjasama yang kita lakukan. Sangat membantu sekali lewat twitter. Dengan seperti ini bisa tambah tahu informasi," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta.


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Dian Ekowati menambahkan, aplikasi ini nantinya dapat membantu warga serta memberi informasi terkait yang ditanyakan di media sosial. Sebagai contoh kemacetan yang dipantau melalui CCTV, lokasi rumah sakit di suatu wilayah, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menjawabnya.


"Saat ini program tersebut sudah mulai berjalan dan warga bisa langsung mengaksesnya melalui twitter," katanya


Sementara Direktur PT Global Infotech Solution, Amon Fernandes mengatakan, Lumen memiliki aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat Jakarta.


"Untuk itu kami mendukung berkembangnya aplikasi tersebut dengan menyediakan server IBM Power Linux S812LC sebagai platform yang digunakan pada aplikasi Lumen," tandasnya.(pr/kj/al)