nusakini.com - Internasional - Kementerian Budaya, Olahraga dan Wisata Korea Selatan memberikan klarifikasi terhadap laporan yang menyatakan pemerintah Korea tidak menanggung biaya aktivitas BTS sebagai utusan khusus presiden di New York.

Pada 30 September, media Chosunilbo melaporkan bahwa pemerintah sama sekali tidak menanggung biaya untuk BTS, meliputi biaya perjalanan, penginapan, dan makanan dalam perjalanan mereka ke New York dengan Presiden Moon Jae In sebagai utusan khusus presiden.

Media berita itu menyatakan BTS menemani Presiden Moon Jae In, Ibu Negara Kim Jung Sook, dan Menteri Budaya, Olahraga dan Wisata Hwang Hee selama tiga hari di New York tanpa menerima biaya perjalanan atau upah khusus.

Membahas laporan tersebut, seorang narasumber dari kementerian terkait menyatakan dalam sebuah panggilan telepon dengan media Newsen, "setelah memeriksa kembali, kami menemukan pemerintah menanggung sebagian biaya perjalanan bisnis BTS."

Mereka menyatakan laporan tersebut tidak benar dan pemerintah menanggung sebagian biaya. Saat ini mereka sedang dalam proses memeriksa detail dari perjalanan tersebut.

Pihak Istana Cheong Wa Dae juga membahas laporan terkait. Mereka mengaku telah membayar biaya untuk perjalanan tersebut dan menyatakan pihak agensi BTS dan pemerintah sepakat untuk membagi tagihan perjalanan dan penginapan BTS. Mereka juga menyampaikan rasa terima kasih kepada BTS yang menjalani aktivitas sebagai utusan khusus di New York.

No Cut News menjelaskan PBB mengundang BTS sebagai entitas terpisah dari pemerintah Korea Selatan, sehingga hanya sebagian biaya yang berkaitan dengan aktivitas BTS yang ditanggung oleh pemerintah.