Walikota Busan Minta Wajib Militer BTS Dihapus untuk World Expo 2030

By Nad

nusakini.com - Internasional - Walikota Busan Park Heong-joon telah meminta Presiden Yoon Suk-yeol untuk memberikan pengecualian untuk mengecualikan anggota BTS dari wajib militer untuk memungkinkan mereka membantu mendukung upaya kota menjadi tuan rumah World Expo 2030.

Park mengumumkan surat proposal tiga halaman yang dia kirimkan kepada presiden awal bulan ini di media sosial, Kamis (18/8).

Dia berkata, "Tanpa menyelesaikan masalah dinas militer, BTS secara substansial dan aktif mempromosikan tawaran Busan untuk Expo mungkin tidak mungkin," dan mengusulkan pengecualian.

Sensasi K-pop BTS secara resmi ditunjuk sebagai duta hubungan masyarakat untuk tawaran Busan untuk World Expo 2030 pada bulan Juli. Grup ini akan mengadakan konser global di Busan pada bulan Oktober untuk mempromosikan tawaran kota tersebut untuk menjadi tuan rumah acara bergengsi tersebut.

Park mengatakan bahwa pameran internasional adalah "kebutuhan yang mendesak" bagi kota pelabuhan selatan dan negara itu. Walikota menjelaskan bahwa dia tidak meminta pengecualian hak istimewa tetapi untuk alternatif "tanggung jawab nasional seberat wajib militer", yang hanya mampu dipenuhi oleh kelompok tersebut dan dengan demikian berkontribusi pada negara.

Walikota juga menyerukan revisi keputusan presiden untuk memasukkan selebriti budaya pop dalam menggantikan wajib militer mereka dengan kegiatan alternatif.

Di bawah Undang-Undang Dinas Militer, semua pria berkebangsaan Korea yang berbadan sehat harus menjalankan dinas aktif di militer selama 18 hingga 22 bulan. Namun, musisi dan atlet klasik pemenang penghargaan internasional, seperti peraih medali Olimpiade, dapat dikecualikan dari tugas untuk meningkatkan reputasi negara di luar negeri berdasarkan keputusan presiden.

Sebagai tanggapan, perusahaan manajemen BTS, HYBE, mengatakan bahwa mereka melihat proposal Park sebagai pengingat peran grup dalam upaya negara untuk menjadi tuan rumah acara global. HYBE akan bekerja sama dalam mengelola masalah dengan cara yang dapat saling menguntungkan seniman dan negara, kata perusahaan itu.

Para anggota BTS sendiri telah menyatakan bersedia untuk memenuhi panggilan bangsa. Pada konferensi pers pada November 2020, mereka mengatakan "tugas militer adalah kewajiban yang benar untuk semua pria Korea" dan menegaskan bahwa semua anggota akan mematuhi panggilan negara kapan saja. (koreatimes/dd)