Korea Selatan akan Lakukan Survei untuk Tentukan Wajib Militer BTS

By Nad

nusakini.com - Internasional - Korea Selatan akan melakukan survei publik untuk membantu menentukan apakah akan memberikan pembebasan wajib militer kepada anggota boyband K-pop BTS, kata para pejabat Rabu (31/8).

Pertanyaan tentang wajib militer aktif untuk tujuh anggota band tersebut telah menjadi topik hangat di Korea Selatan karena anggota tertuanya, Jin, akan menghadapi wajib militernya pada bulan Desember, ketika ia berusia 30 tahun.

Menteri Pertahanan Lee Jong-sup mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia memerintahkan para pejabat untuk melaksanakan survei dengan cepat. Dia mengatakan kementeriannya juga akan melihat berbagai faktor lain seperti dampak ekonomi BTS, pentingnya dinas militer dan kepentingan nasional secara keseluruhan.

Setelah komentarnya menimbulkan kegemparan, kementeriannya mengklarifikasi dalam sebuah pernyataan bahwa Lee memerintahkan para pejabat untuk memeriksa apakah survei semacam itu diperlukan, daripada segera meluncurkannya.

Dikatakan para pejabat diminta untuk mempelajari rincian termasuk lembaga mana yang akan bertanggung jawab untuk survei, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan siapa sebenarnya yang akan disurvei. Pernyataan itu mengatakan jika survei dilakukan, itu akan dilakukan oleh organisasi ketiga, bukan oleh kementerian atau otoritas terkait, untuk memastikan keadilan.

Kementerian mengatakan hasil hanya akan menjadi salah satu dari banyak faktor yang menentukan pembebasan wajib militer anggota BTS.

Secara hukum, semua pria berbadan sehat di Korea Selatan harus menjalani wajib militer selama 18-21 bulan di bawah sistem wajib militer yang dibentuk untuk menghadapi ancaman dari saingannya Korea Utara. Namun negara memberikan pengecualian kepada atlet, musisi, dan artis yang menjadi juara di kompetisi internasional karena dianggap telah meningkatkan gengsi nasional.

Beberapa politisi dan lainnya telah menyerukan perluasan cakupan pengecualian untuk memasukkan bintang K-pop seperti BTS karena mereka juga telah meningkatkan citra internasional Korea Selatan secara signifikan.

Warga negara tidak dapat menunda wajib militer mereka setelah mereka berusia 30 tahun.

Sebuah survei pribadi awal tahun ini menunjukkan sekitar 60% responden mendukung pembebasan militer untuk anggota BTS. Tetapi survei swasta lainnya pada tahun 2020 menunjukkan 46% mendukung pengecualian tersebut sementara 48% menentangnya. (AP/dd)