Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi 2016 di Kota New York

By Admin

nusakini.com--​Detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang selalu menyapa setiap warga negara Indonesia dengan gegap gempita kembali datang. Layaknya masyarakat Indonesia di tanah air, segenap warga dan diaspora Indonesia di Kota New York dan sekitarnya tak luput merayakan momen bersejarah Bangsa Indonesia dimaksud.

Selain merayakan dengan berbagai perlombaan, KJRI New York juga telah melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus. Dengan tertib dan khidmat, 250 peserta upacara mengikuti jalannya peringatan detik-detik Proklamasi pada Rabu, 17 Agustus 2016, di Ruang Pancasila, KJRI New York. Melalui tema "Gerakan Nasional Indonesia Terus Kerja", Bangsa Indonesia menandai 71 tahun kemerdekaannya dari kungkungan penjajah. ​

Acara dimulai pada 09.50 waktu setempat dan diramaikan dengan kehadiran diaspora Indonesia di New York dan sekitarnya, sesepuh, akademisi, mahasiswa, pebisnis, profesional, media, maupun wakil organisasi budaya dan agama. Seusai upacara, dilakukan pemotongan 'tumpeng kemerdekaan' oleh Acting Konjen RI yang diserahkan kepada perwakilan sesepuh masyarakat Indonesia dan mahasiswa. Acara diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah serta makan siang bersama. (p/ab)