HUT 71 Kemerdekaan RI, Kerja Nyata Mewujudkan Negara kompetitif

By Admin

nusakini.com--Keterbukaan hubungan antar bangsa dan negara dalam berbagai konteks yang ada saat ini telah memberikan iklim yang kompetitif antar negara. Oleh karena itu, hanya negara kompetitif yang dapat menjadi pemenang dalam kompetisi yang ada dalam berbagai konteks hubungan antar negara. 

Dalam konteks ketenagakerjaan, negara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) kompetitif pula yang akan memenangkan iklim kompetitif ketenagakerjaan. SDM tersebutlah yang nantinya akan mengelola segala sumber daya yang dimiliki suatu negara. Sehingga keberadaan SDM kompetitif merupakan salah syarat utama bagi suatu negara untuk bias bersaing dengan negara lainnya. 

“Hanya negara yang memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang akan memetik manfaat dari keterbukaan dunia global ini,” kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri pada sambutan upacara HUT RI ke-71 di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta, Rabu (17/8). 

Saat ini, Indonesia menjadi negara yang terikat dengan hubungan keterbukaan ekonomi, salah satunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam konteks MEA tersebut, keterbukaan akan keluar masuknya barang dan jasa mewarnai pasar bebas tersebut. 

“Selanjutnya hanya negara yang memiliki produktivitas tinggi yang akan memenangkan persaingan. Serta hanya negara yang memiliki SDM yang kompeten, SDM yang berdaya saing yang dapat mengoptimalkan seluruh aktivitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki bangsa untuk memenangkan persaingan itu,” lanjut Menaker. (p/ab)