Paus Fransiskus Mulai Kembali Bekerja dan Sudah Bisa Jalan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paus Fransiskus sudah mulai kembali bekerja, bisa jalan, dan tes darahnya "memuaskan", dan ia "melanjutkan perawatan yang disarankan" setelah menjalani operasi usus besar pada minggu lalu, menurut juru bicara Vatikan.

Paus yang berusia 84 tahun ini melakukan operasi di rumah sakit Gemelli, Roma pada hari Minggu (4/7), beberapa jam setelah mengadakan tradisi doa Angelus di Lapangan St. Peter.

Prosedur yang dijalani merupakan operasi pencegahan gejala divertikulitis stenotik.

Paus sedang kembali bekerja secara perlahan dan terus berjalan-jalan di koridor rumah sakit, menurut juru bicara Holy See, Bruni. Ia menambahkan bahwa Paus Fransiskus merayakan misa pada hari Jumat secara privat di gereja, dan malamnya ia makan malam dengan rekan-rekannya.

Paus Fransiskus akan melakukan doa Angelus yang dilakukan secara mingguan pada hari Minggu di pukul 6 pagi waktu bagian Timur (pukul 5 sore WIB) melalui jendela rumah sakit Gemelli, Roma, di mana ia sedang dirawat.

Divertikulitis adalah peradangan yang menyebabkan pembentukan kantung di dinding usus. Kantung ini biasanya muncul tanpa gejala, namun bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman, bahkan bisa terjadi pendarahan.