Patung Columbus di Meksiko akan Diganti dengan Patung Wanita Pribumi

By Nad

nusakini.com - Internasional - Patung penjelajah asal Italia, Christopher Columbus, yang berdiri di salah satu jalan utama kota Meksiko, akan diganti dengan patung wanita pribumi.

Walikota kota Meksiko Claudia Sheinbaum mengatakan patung Columbus tersebut akan dipindahkan ke sebuah taman dan sebuah patung wanita Olmec akan menggantikannya.

Christopher Columbus, penjelajah kelahiran Italia yang dibiayai oleh kerajaan Spanyol untuk melakukan pelayaran menjelajahi dunia pada Abad ke-15, dianggap sebagai simbol penjajahan dan kolonialisme oleh banyak orang karena kedatangannya di benua Amerika membuka jalan untuk penguasaan Spanyol.

Walikota Sheinbaum membuat pengumuman ini pada hari Minggu (5/9) dalam sebuah upacara yang merayakan hari internasional untuk wanita pribumi.

Ia mengatakan memindahkan patung Columbus bukan usaha untuk "menghapus sejarah" namun menegakkan "keadilan sosial".

Sheinbaum menyatakan patung Columbus tidak akan disembunyikan, tetapi peradaban yang hidup di Meksiko sebelum penguasaan Spanyol harus mendapatkan pengakuan.

Walikota itu mengatakan pemahat Pedro Reyes sedang mengerjakan patung wanita dari peradaban Olmec, yang bertumbuh kembang di Teluk Meksiko sebelum 1.200 SM hingga 400 SM, untuk menggantikan Columbus di Jalan Reforma.