Muhammadiyah; Bangun Taawun untuk Turki dan Yunani

By Abdi Satria


nusakini.com-Yogyakarta- Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda wilayah Izmir, Turki pada hari Jumat (30/10). Merespon musibah tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak seluruh komponen bangsa untuk menunjukkan kepedulian dan taawun. 

  “Kami mengajak kepada seluruh kekuatan umat Islam dan warga bangsa Indonesia untuk menunjukkan kepedulian dan sikap berbagi dengan semangat kemanusiaan, bagaimana kita hadir membangun taawun untuk saudara-saudara kita di Turki dan Yunani,” pesan Haedar, Sabtu (31/10). 

  Lebih lanjut, dirinya berharap pemerintah Indonesia segera menjalankan peran sebagai negara sahabat dan menjalin kerjasama untuk meringankan beban Warga Negara Indonesia yang terdampak bencana, baik di Turki maupun Yunani.  

  “Mudah-mudahan semuanya akan cepat berlalu dan kehidupan menjadi normal kembali,” doanya. 

  Sampai sore ini, gempa yang dirasakan hingga sampai Yunani tersebut mengakibatkan tsunami kecil dan memakan korban jiwa sedikitnya 24 jiwa orang meninggal dunia dan lebih dari 804 orang luka-luka. Pemerintah Turki sendiri masih terus berjuang melakukan operasi penyelamatan bagi korban yang tertimpa reruntuhan. (p/ab)